Keragaman penerapan metode talaqqī dan mushāfahah: studi genealogi pembelajaran tahfiz al-qur’an pada madrasah-sekolah berbasis pesantren di Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rijal, Akh. Syaiful (2025) Keragaman penerapan metode talaqqī dan mushāfahah: studi genealogi pembelajaran tahfiz al-qur’an pada madrasah-sekolah berbasis pesantren di Madura. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Akh. Syaiful Rijal_01040420001 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akh. Syaiful Rijal_01040420001 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 March 2028.

Download (3MB)

Abstract

Pelacakan jejak sejarah metode talaqqī dan mushāfahah dalam pembelajaran tahfiz di Madura dapat dikaji dengan pendekatan genealogi. Genealogi merupakan studi kritis dan efektif yang mampu menjembatani antara sejarah dan filsafat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis urgensi, bentuk keragaman, dan genealogi keilmuan penerapan pembelajaran tahfiz al-Qur’an melalui metode talaqqī dan mushāfahah pada madrasah-sekolah berbasis pesantren di Madura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenominologis-genealogis yang dirancang multi situs sebagai objek penelitian, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Kemudian melakukan analisis data tunggal dan lintas situs dengan cara memadukan temuan yang diperoleh dari 3 lembaga, yaitu SMA Tahfiz Darul Ulum Pamekasan, MA Tahfiz Annuqayah Sumenep, dan SMA Tahfiz Assaidiyah Sampang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, penerapan metode talaqqī dan mushāfahah sangat urgen untuk memperbaiki kesalahan bacaan al-Qur’an siswa di 3 lembaga tersebut yang mayoritas menggunakan Bahasa Madura yang memiliki dialek/aksen kaku (shiddah) sehingga ketika membacakan hasil tahfiz al-Qur’an sangat jauh dari aturan kaidah tajwid dan makhārij al-ḥurūf. Kedua, bentuk keragaman penerapan metode talaqqī dan mushāfahah dalam pembelajaran tahfiz al-Qur’an di madrasah-sekolah berbasis pesantren di Madura adalah: 1) Di SMA Tahfiz Darul Ulum penerapan metode talaqqī dan mushāfahah berbasis tajwid dan nagham, yaitu menerapkan metode talaqqī dan mushāfahah disertai penjelasan kaidah tajwid dan penggunaan berbagai nagham pada kegiatan inti dan pada kegiatan evaluasi menggunakan model murāja’ah simā’īy; 2) Di MA Tahfiz Annuqayah penerapan metode talaqqī dan mushāfahah berbasis tajwid dan sharḥ al-Qur’ān, yaitu menerapkan metode talaqqī dan mushāfahah disertai penjelasan tajwid dan sharḥ al-Qur’ān pada kegiatan inti dan pada kegiatan evaluasi menggunakan model ḥifz al-Qur’an wa sharḥuhu; 3) Di SMA Tahfiz Assaidiyah penerapan metode talaqqī dan mushāfahah berbasis tajwid, yaitu menerapkan metode talaqqī dan mushāfahah disertai penjelasan tajwid pada kegiatan inti dan pada kegiatan evaluasi menggunakan model sambung ayat. Ketiga, genealogi pembelajaran tahfiz di 3 lembaga tersebut memiliki aliran keilmuan yang sama, yaitu aliran Mekah dilihat dari jalur sanad qira’at guru tahfiz dan kitab tajwid yang dijadikan rujukan berasal dari ulama Mekah seperti kitab Matn al-Jazariyyah karya Syamsuddin al-Jazari, dan lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rijal, Akh. Syaifulsaifurrijal17@gmail.com01040420001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id2025077406
Thesis advisorAliwafa, Aliwafaaliw87870@gmail.com2029016802
Subjects: Al Qur'an
Keywords: Genealogi; tahfiz al-Qur’an; metode talaqqī dan mushāfahah.
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: AKH. SYAIFUL RIJAL
Date Deposited: 21 Mar 2025 03:22
Last Modified: 21 Mar 2025 03:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79022

Actions (login required)

View Item View Item