Penerapan Model Pembelajaran Matematika dengan Metode Outbound Training pada pokok bahasan Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 6 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sola, Betaria (2009) Penerapan Model Pembelajaran Matematika dengan Metode Outbound Training pada pokok bahasan Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 6 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (158kB)
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Suatu proses pembelajaran hendaknya menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, siswa mengembangkan potensinya sendiri, dan menyenangkan. Namun yang terjadi dalam pembelajaran matematika ialah pola pengajaran yang tidak menarik dan membosankan. Model pembelajaran matematika dengan metode outbound training menjadi alternatif pola pengajaran matematika yang lebih aktif dan menyenangkan. Karakteristik model pembelajaran matematika dengan metode outbound training ini ialah pembelajaran yang dilakukan di luar ruangan, tersusun atas berbagai macam games yang terstruktur, bermain secara berkelompok sambil berkompetisi, terdapat selingan ice breaking serta doorprize bagi pemenang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa, aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran dengan metode ini berlangsung, serta respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran matematika dengan metode outbound training. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data kuantitatif menunjukkan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I adalah 86,49% atau lebih dari 85% sehingga dinyatakan tuntas. Begitu pula dengan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus II adalah 89,19% sehingga siswa dinyatakan tuntas secara klasikal dan terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal itu sebanyak 2,7%. Aktivitas guru yang selalu dilakukan ialah mengawasi siswa bermain game berdiskusi dalam tim. Aktivitas siswa yang selalu dilakukan ialah bermain game, mencermati LKS, serta berdiskusi dalam tim. Hasil angket respon siswa menyatakan bahwa model pembelajaran matematika dengan metode outbound training ini merupakan hal baru bagi mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sola, Betaria--UNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Keywords: Pembelajaran Matematika; Metode Outbound Training; Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2009
Last Modified: 14 Dec 2018 07:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7907

Actions (login required)

View Item View Item