This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Dewi, Fanny Rosaliati Shandra (2025) Analaisis kemampuan penalaran adaptif matematis siswa dalam memecahkan masalah AKM konten geometri ditinjau dari kemampuan awal matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Fanny Rosaliati Shandra Dewi_06040421072 OK.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Fanny Rosaliati Shandra Dewi_06040421072 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 31 May 2028. Download (4MB) |
Abstract
Kemampuan penalaran adaptif ialah keterampilan berpikir untuk memahami hubungan antar konteks dan konsep dengan menentukan pola matematika secara logis untuk menarik kesimpulan dari solusi pemecahan masalah matematika serta memberikan dan memeriksa argumen. Penalaran adaptif penting untuk dimiliki siswa karena mencakup penalaran induktif dan penalaran deduktif. Selain itu, penalaran adaptif termasuk dalam 5 kecakapan matematis dalam proses pembelajaran matematika. Kebijakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UN) menjadi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang mengacu pada Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) ini belum adanya penelitian yang mengaitkan dengan penalaran adaptif. Kemampuan siswa yang berbeda tentu mempengaruhi cara berpikir yang berbeda pula oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan yakni menganalisis kemampuan penalaran adaptif matematis siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah dalam memecahkan masalah AKM konten geometri. Untuk mengetahui kemampuan awal matematika siswa yang berbeda, penulis menyajikan tes kemampuan awal pada materi geometri. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kualitatif dengan lokasi pelaksanaan penelitiannya di SMPN 5 Surabaya pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah tes tertulis dan wawancara pada sembilan subjek penelitian. Sebelum subjek penelitian dipilih, terlebih dahulu kelas VIII-C yang berjumlah 28 siswa diberikan tes kemampuan awal matematika untuk mengetahui tingkatan yang dimiliki. Kemudian, dipilih sembilan subjek dengan menerapkan purposive sampling sesuai dengan kategori hasil jawaban tes kemampuan awal siswa dan dibantu guru matematika dengan mempertimbangkan keaktifan siswa di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang dikembangkan Miles dan Huberman. Hasil penelitian diketahui bahwa tes pemecahan masalah AKM konten geometri (1) Siswa yang kemampuan awalnya tinggi mampu memenuhi 5 indikator penalaran adaptif yaitu mengajukan sebuah hipotesis, memberikan argumen yang mendukung permasalahan yang ada, menarik kesimpulan dari permasalahan yang diberikan, memberikan keabsahan dari suatu argumen, menentukan pola yang mendukung masalah matematis; (2) Siswa yang kemampuan awalnya sedang mampu memenuhi 1 indikator penalaran adaptif yaitu mengajukan sebuah hipotesis; (3) Siswa yang kemampuan awalnya rendah belum memenuhi dari salah satu indikator penalaran adaptif.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan |
||||||||||||
Keywords: | Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis; AKM; Konten Geometri; Kemampuan Awal Matematika | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Fanny Rosaliati Shandra Dewi | ||||||||||||
Date Deposited: | 31 May 2025 02:56 | ||||||||||||
Last Modified: | 31 May 2025 02:56 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79112 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |