Peran guru dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun: studi kasus di TK Al-Hidayah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamidah, Nabila Nur (2025) Peran guru dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun: studi kasus di TK Al-Hidayah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabila Nur Hamidah_06010921011.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nabila Nur Hamidah_06010921011_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 March 2028.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang peran guru dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Hidayah Surabaya. Kemampuan mengenal huruf merupakan salah satu aspek penting dalam pengembangan literasi awal anak usia dini, yang menjadi fondasi utama sebelum melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara mendalam dengan guru kelas, serta dokumentasi kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran krusial dalam memotivasi anak-anak untuk belajar mengenal huruf dengan menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan menyenangkan. Penggunaan berbagai strategi pengajaran, seperti permainan edukatif, lagu, serta media visual dan audio, terbukti efektif dalam memperkenalkan huruf kepada anak-anak. Guru juga memanfaatkan media pembelajaran yang relevan dan menarik untuk meningkatkan keterlibatan anak dalam proses belajar. Selain itu, faktor-faktor yang berkontribusi terhadap keberhasilan guru dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf meliputi dukungan dari orang tua, pemantauan perkembangan anak secara berkala, serta penerapan metode pembelajaran yang bervariasi dan disesuaikan dengan kebutuhan anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamidah, Nabila Nurnabilanur236@gmail.com06010921011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdillah, Husniabdillahhusni.ha@gmail.com0724128602
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Minat Baca
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Kemampuan mengenal huruf; anak usia dini; peran guru; strategi pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nabila Nur Hamidah
Date Deposited: 24 Mar 2025 04:24
Last Modified: 24 Mar 2025 04:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79135

Actions (login required)

View Item View Item