This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Derisma, Miftakhul Khoiroh Nor (2025) Sakralisasi pasar keramat Desa Warugunung, Pacet, Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Miftakhul Khoiroh Nor Derisma _07010221007 OK.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Miftakhul Khoiroh Nor Derisma _07010221007 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 7 April 2028. Download (2MB) |
Abstract
Pasar Keramat di Desa Warugunung, Pacet, Mojokerto telah berkembang menjadi pusat ekonomi yang memberikan kontribusi kehidupan yang signifikan bagi masyarakat setempat, dan sekarang telah menjadi ikon wisata budaya. Strategi pemasaran yang diterapkan bersifat tradisional dan memanfaatkan media sosial. Penelitian ini mengkaji strategi pemasaran Pasar Keramat Desa Warugunung, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif analitis. Untuk mendapatkan data, penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokuemntasi. Untuk menganalisi data yang terkumpul, penelitian ini memakai analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa i) produk yang dijual di pasar ini mayoritas terdiri dari makanan dan minuman tradisional yang kaya akan cita rasa dan keunikan budaya lokal, ii) lokasi Pasar Keramat, yang berada di hutan bambu, mengingatkan pengunjung pada suasana pasar zaman dahulu, memberikan pengalaman yang otentik dan khas, selain itu Pasar ini terletak di tenggah makam pemilik tanah dahulu, iii) Harga yang ditawarkan di pasar sangat terjangkau dan transaksi yang digunakan berupa koin gobog, yang merupakan alat transaksi pada zaman Majapahit, sehingga dapat menciptakan nuansa sejarah yang kental, iv) Promosi yang dilakukan seperti pada pengelola pasar pada umumnya yaitu memanfaatkan media sosial, pamflet, dan pengunjung, v) Sementara itu, waktu operasional Pasar Keramat mengikuti kalender Jawa, yakni hanya buka pada hari Minggu Wage dan Minggu Kliwon, yang menambah daya tarik budaya serta keunikan pasar ini.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Manajemen Strategi Budaya |
||||||||
Keywords: | Produk; harga; tempat; promosi; waktu. | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama | ||||||||
Depositing User: | Miftakhul Derisma | ||||||||
Date Deposited: | 07 Apr 2025 09:15 | ||||||||
Last Modified: | 07 Apr 2025 09:15 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79173 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |