This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Noor, Il Hurin In M. (2007) Peran kepala sekolah sebagai supervisor terhadap peningkatan kinerja personil sekolah: studi kasus di MAN Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
D03303061 Il Hurin In M. Noor 2007 ok.pdf Download (5MB) |
Abstract
Ada tiga persoalan yang akan dikaji dalam skripsi ini, yaitu : (1) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai supervisor di MAN Surabaya, (2) Bagaimana upaya peningkatan kinerja personil sekolah di MAN Surabaya, (3) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai supervisor terhadap peningkatan kinerja personil sekolah di MAN Surabaya. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan metode deskriptip kualitatif yang berguna untuk memberikan fakta. dan data mengenai peran kepala sekolah sebagai supervisor terhadap peningkatan kinerja personil MAN Surabaya, kemudian data tersebut dianalisis secara kritis dengan membandingkan beberapa teori yang ada, sehingga diketahui bagaimana aplikasi di lapangan terhadap teori-teori yang ada. Dari basil penelitian ini ditemukan bahwa ( l) Peran kepala sekolah sebagai supervisor adalah memberikan bimbingan dan bantuan kepada seluruh personil madrasah agar dapat menjalankan tugasnya dengan efektif dan efisien dengan menggunakan teknik-teknik yang disesuaikan dengan kebutuhan personil. (2) Peningkatan kinerja personil MAN Surabaya dipengaruhi oleh : Motivasi dan disiplin kerja, pendidikan, keterampilan, manajemen, kesejahteraan personi1, lingkungan dan suasana kerja, kualitas sarana pembelajaran dan kesempatan berprestasi. Adapun upaya-upaya yang dilakukan adalah segala upaya yang dapat mengatasi faktor-faktor yang rnernpengaruhi kinerja personil tersebut. (3) Peran kepala sekolah sebagai supervisor terhadap peningkatan kinerja personil MAN Surabaya adalah segala kegiatan yang diupayakan oleh kepa]a madrasah MAN Surabaya untuk membantu peningkatan kinerja personilnya. Bertitik tolak dari penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi peran kepala sekolah sebagai supervisor terhadap peningkatan kinerja personil madrasah adalah ( 1) Kegiatan supervisi ada baiknya sewaktu-waktu tidak diberitahukan terlebih dahulu karena akan terlihat personil sekolah yang bagus dan kurang bagus kinerjanya. (2) Informasi dari siapapun yang berhubungan dengan kegiatan supervisi merupakan masukan bagi supervisor namun ada baiknya informasi tersebut dicek dahulu kebenarannya. (3) Kepala sekolah sebaiknya mengetahui karakteristik tiap personil sekolah agar dapat menentukan upaya yang tepat terhadap peningkatan kinerja personilnya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Kepala Sekolah | ||||||||
Keywords: | Kepala sekolah; supervisor | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 26 Mar 2025 03:17 | ||||||||
Last Modified: | 26 Mar 2025 03:17 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79299 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |