Efektivitas penerapan game based-learning media ular tangga melalui platform genially dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMPN 5 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febriansyah, Wildan Fahmi (2025) Efektivitas penerapan game based-learning media ular tangga melalui platform genially dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMPN 5 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wildan Fahmi Febriansyah_06040121131 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 April 2028.

Download (11MB)
[img] Text
Wildan Fahmi Febriansyah_06040121131.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penggunaan media belajar yang kurang bervariasi menyebabkan motivasi peserta didik menjadi kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan game based-learning media ular tangga melalui platform genially dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMPN 5 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis quasi experimental control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 831 peserta didik dengan mengambil jumlah sampel 60 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian yaitu purposive sampling. Data yang di dapat pada penelitian ini diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Selanjutnya data diolah dengan mengggunakan analisis deskriptif dan parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan game based learning media ular tangga melalui platform genially dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 5 Surabaya terlaksana dengan sangat baik , hal ini dibuktikan dengan lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik. 2) Motivasi belajar peserta didik sebelum penerapan game based-learning media ular tangga melalui platform genially mendapatkan skor presentase 74% kategori kuat dengan rata-rata 58,96. Setelah diberikan tindakan Penerapan Penerapan game based learning media ular tangga melalui platform genially mengalami peningkatan dengan skor presentase 82% kategori sangat kuat dengan nilai rata-rata 81,63. 3) Hasil penerapan game based learning media ular tangga melalui platform genially efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 5 Surabaya dibuktikan uji t-test dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,00 < 0,05 sebagai keterangan H0 ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febriansyah, Wildan Fahmiwildanfahmi87@gmail.com06040121131
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZakariyah, Zakariyahriyah.zaka@gmail.com2011026801
Thesis advisorNasihuddin, Muhammadnasihuddin245@gmail.com2024116701
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Penerapan game; based-learning; media ular tangga; platform genially; motivasi belajar; mata pelajaran PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wildan Fahmi Febriansyah
Date Deposited: 10 Apr 2025 07:46
Last Modified: 10 Apr 2025 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79308

Actions (login required)

View Item View Item