This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Wahyuningtyas, Lilis Eko (2007) Pengaruh pelaksanaan teknik supervisi kunjungan kelas terhadap proses belajar mengajar di SMP Muhammadiyah 5 Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
D03303027 Lilis Eko Wahyuningtyas 2007 ok.pdf Download (8MB) |
Abstract
Kepala sekolah selain sebagai pemimpin dalam lembaga yang bersangkutan, ia juga sebagai supervisor yang harus menjalankan tugas supervisinya sesuai dengan prinsip-prinsip yang ada. Dalam menjalankan tugas supervisinya kepala sekolah sudah barang tentu menggunakan macam-macam teknik supervisi yang ada yang salah satunya adalah teknik supervisi kunjungan kelas, yang bertujuan untuk memperbaiki proses belajar mengajar ke arah yang lebih baik. Maksud dari pembahasan dari skripsi ini ialah untuk mengetahui dan menjawab segala permasalahan yang telah dirumuskan, yaitu bagaimana pelaksanaan supervisi kunjungan kelas di SMP Muhammadiyah 5 Tulangan, bagaimana proses belajar mengajar di SMP Muhammadiyah 5 Tulangan, dan sejauh mana pengaruh pelaksanaan teknik supervisi kunjungan kelas terhadap proses belajar mengajar di SMP Muhammadiyah 5 Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Dalam pengumpulan data untuk menjawab segala permasalahan di atas, penulis menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi, dan angket dengan format pilihan ganda. Sedangkan untuk menganalisis data yang telah diperoleh, penulis menggunakan analisis statistik Product Moment dan Uji Regresi. Dari penelitian yang telah dilakukan penulis, diketahui bahwa terdapat korelasi yang signifikan dengan kadar sedang atau cukup antara pelaksanaan teknik supervisi kunjungan kelas dan proses belajar mengajar di SMP Muhammadiyah 5 Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Sedangkan dari basil analisis uji regresi terbukti dan menunjukkan bahwa pelaksanaan teknik supervisi kunjungan kelas mcmpcngaruhi terhadap proses belajar mengajar di SMP Muhammadiyah 5 Tulangan Kabupaten Sidoarjo sebesar 43,56 % dan sisanya sebesar 56,44 % dipengaruhi oleh faktor lain.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran | ||||||||
Keywords: | Supervisi kunjungan kelas; proses belajar mengajar | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 27 Mar 2025 07:51 | ||||||||
Last Modified: | 27 Mar 2025 07:52 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79334 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |