Analisis perilaku penggunaan shopee dan tiktok shop dalam berbelanja mahasiswa menggunakan UTAUT 2

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mastuti, Windari Tri (2025) Analisis perilaku penggunaan shopee dan tiktok shop dalam berbelanja mahasiswa menggunakan UTAUT 2. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Windari Tri Mastuti_09010621019.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Windari Tri Mastuti_09010621019_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 April 2028.

Download (2MB)

Abstract

Kemajuan teknologi mendorong pertumbuhan pesat e-Commerce di Indonesia, yaitu Shopee dan Tiktok Shop dengan didominasi pengguna oleh generasi Z, termasuk mahasiswa. Meskipun kebanyakan mahasiswa termasuk dengan mahasiswa UINSA memiliki keterbatasan waktu dan finansial, kebutuhan dan gaya hidup digital yang tinggi, mereka memiliki keterkaitan yang erat dengan penerapan penggunaan eCommerce di kehidupan sehari-hari. Maka, diperlukan pengidentifikasian terkait perilaku berbelanja dari kebanyakan mahasiswa UINSA dalam memenuhi kebutuhan serta preferensi mereka terhadap penggunaan e-Commerce pada Shopee dan Tiktok Shop menggunakan UTAUT 2 yang lebih berfokuskan terhadap penggunaan teknologi yang telah ada. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dengan menganalisis dan mengukur variabel-variabel yang ditentukan melalui persebaran kuesioner terhadap 130 responden yang mewakili seluruh fakultas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor yang berpengaruh terhadap kebiasaan belanja mahasiswa di e-Commerce meliputi Effort Expectancy (EE), Hedonic Motivation (HM), Price Value (PRV), Habit (H), dan Facilitating Conditions (FC) terhadap Behavioral Intention (BI). Selain itu, Habit dan Behavioral Intention juga memengaruhi Use Behavior (UB), menegaskan bahwa kebiasaan dan niat pengguna memiliki peran penting dalam penggunaan e-Commerce. Selain itu, karakteristik demografis juga memengaruhi preferensi mahasiswa dalam menggunakan Shopee atau TikTok Shop

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mastuti, Windari Triwindaritrims@gmail.com09010621019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmin, Faris Mushlihulfaris@uinsby.id2013088801
Thesis advisorRidwan, Mujibmujibrw@uinsby.ac.id2027048602
Subjects: Tehnik Informatika
Keywords: UTAUT 2; kebiasaan belanja; E-Commerce; PLS-SEM
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Windari Tri Mastuti
Date Deposited: 15 Apr 2025 02:27
Last Modified: 15 Apr 2025 02:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79377

Actions (login required)

View Item View Item