Pengaruh sistem Ujian Nasional terhadap kondisi psikologis siswa di SMPN I Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muthoharoh, Muthoharoh (2007) Pengaruh sistem Ujian Nasional terhadap kondisi psikologis siswa di SMPN I Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
D03303056 Muthoharoh 2007 ok.pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian kuantitatif, dan masalah yang diambil adalah tentang pengaruh sistem Ujian Nasional (UN) terhadap kondisi psikologis siswa di SMP Negeri I Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana pelaksanaan UN di SMP Negeri I Surabaya, untuk mengetahui bagaimana kondisi psikologis siswa dalam menghadapi UN, dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh sisten UN terhadap kondisi psikologis siswa di SMP Negeri I Surabaya. Guna menjawab permasalahan di atas, penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan beberapa macam metode, diantaranya dengan menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi dan angtket. Adapun metode penelitian yang digunakan yakni dengan menggunakan metode penelitian populasi dan sampel. Populasi dari obyek penelitian ini sejumlah 405 siswa dan dari populasi tersebut penulis hanya mengambil t 5 % dari jwnlah tersebut. Dengan demikian hasilnya sebanyak 60 siswa. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dari jumlah rxy didapat hasil 0,61 dan setelah dikonsultasikan dengan tabel "r" temyata 0,61 berada di antara 0,40 sampai 0,70. hal ini berarti antara variabel x (ujian nasional) dan variabel y (kondisi psikologis siswa) terdapat korelasi yang sedang atau cukup. Kemudian setelah dilakukan uji signifikan dengan menggunakan rumus t hasilnya adalah 5,84 (to). Selanjutnya diinterpretasikan dengan tabel r product moment. Setelah itu dikonsultasikan pada tabel r product moment, maka dapat diketahui bahwa db sebesar 58 dengan perhitungan product moment pada taraf signifikan 5 % = 0,250 (tt). Jadi dapat disimpulkan bahwa antara variabel x (ujian nasional) dan variabel y (kondisi psikologis siswa) ada korelasi positif yang signifikan karena to > tt. Ini artinya bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara sistem ujian nasional terhadap kondisi psikologis siswa di SMP N 1 Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muthoharoh, MuthoharohUNSPECIFIEDD03303056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah AM, Mukhlishah AMUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Sistem Ujian Nasional
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Apr 2025 07:11
Last Modified: 08 Apr 2025 07:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79384

Actions (login required)

View Item View Item