Strategi kepemimpinan kepala madrasyah dalam mengelolah konflik kelembagaan: studi kasus di Madrasyah Aliyah Hasyimiyah Mengareh Bunga Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khamidah, Luluk (2008) Strategi kepemimpinan kepala madrasyah dalam mengelolah konflik kelembagaan: studi kasus di Madrasyah Aliyah Hasyimiyah Mengareh Bunga Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
D03304028 Luluk Khamidah 2008 ok.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kepala Madrasah adalah pemimpin pendidikan yang mempunyai peranan sangat besar dalam mengembangkan mutu pendidikan di Madrasah, disamping itu kepala madrasah harus mampu menciptakan strategi-strategi kepemimpinan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Konflik dalam suatu lembaga adalah sesuatu yang tidak dapat dihindarkan. Malah dalam batas-batas tertentu justru akan sangat bermanfaat bagi penciptaan perilaku organisasi yang efektif Kontlik akan terjadi di Madrasah sejalan dengan meningkatnya kompleksitas kehidupan, clan himpitan pekerjaan. Sehingga kepala madrasah hams mempunyai strategi dalam mengelola konflik yang terjadi dalam lembaga, yakni melibatkan diri secara aktif dalam situasi yang berkembang dalam kasus apapun. Dalam skripsi yang berjudul Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengelola Konflik Kelembagaan (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Hasyimiyah Mengare Bungah Gresik). Permasalahan yang akan dibahas adalah Bagaimana Strategi Kepemimpinan Kepala MA Hasyimiyah, Bagaimana Bentuk Kontlik di MA Hasyirniyah, serta Bagaimana Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengelola Kontlik Kelembagaan di MA Hasyimiyah. Dengan demikian, tujuan dari pada skripsi ini adalah untuk mengetahui dan menjawab ketiga permasalahan tersebut. Dan selanjutnya diharapkan sebagai bahan masukan bagi tenaga kependidikan khususnnya Kepala Madrasah yang mempunyai peranan penting dalam lembaga pendidikan. Penelitian ini mengggunakan penelitian dengan pendekatan kualitatif, dan menjadikan Kepala Madrasah sebagai informan kunci untuk mengetahui masalah yang akan diteliti. Adapun teknik pcngumpulan datanya menggunakan metodc observasi, dokumentasi, dan interview. Setelah data diperoleh, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, rnaka hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Aliyah Mengare Bungah Gresik, sudah cukup baik, yaitu menetapkan visi dan misi yang sesuai dengan tujuan MA Hasyimiyah. Bentuk-bentuk konflik di MA Hasyimiyah, yaitu konflik individu, konflik antara individu, dan konflik antar kelompok. Dan yang terakhir strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam mcngelola kontlik di MA Hasyimiyah Mengarc Bungah Gresik sudah cukup baik, yaitu mcrcka mcnggunakan pemccahan masalah, koordinasi, bantuan apihak ketiga, serta musyawarah untuk mernecahkan setiap rnasalah yang dihadapi sctiap individu .. J\dapun saran yang penulis berikan adalah kcpada tenaga kcpendidikan, pengurus yayasan khususnya Kepala Madrasah yang profesional kita hendaknya memiliki strategi-strategi dalam rnenghadapi setiap persoalan serta bagaimana permasalahan tersebut dikelola dengan baik, dan juga memiliki strategi-strategi dalam mengembangkan lernbaganya sesuai dengan visi dan misi lembaga pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khamidah, LulukUNSPECIFIEDD03304028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorShalahuddin, MahfudhUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Personalia
Keywords: Strategi kepemimpinan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Apr 2025 07:50
Last Modified: 08 Apr 2025 07:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79389

Actions (login required)

View Item View Item