Efektivitas digital fundraising dalam meningkatkan perolehan dana zakat di LAZ Yayasan Dana Sosial al Falah (YDSF) Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fathirrahma, Nadhira Fathirrahma (2025) Efektivitas digital fundraising dalam meningkatkan perolehan dana zakat di LAZ Yayasan Dana Sosial al Falah (YDSF) Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadhira Fathirrahma_08020521026.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nadhira Fathirrahma_08020521026_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 April 2028.

Download (3MB)

Abstract

LAZ Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) Surabaya memanfaatkan media digital untuk mengumpulkan dana zakat. Media yang digunakan meliputi website, media sosial (Instagram, Facebook, WhatsApp), serta aplikasi crowdfunding. YDSF juga memiliki aplikasi sendiri, yaitu PeduliBaik. Digital fundraising berpotensi besar dalam meningkatkan dana zakat. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas sistem digital fundraising dalam peningkatan dana zakat di YDSF Surabaya serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan data primer dari wawancara dan data sekunder dari laporan tahunan. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital fundraising di YDSF Surabaya efektif dalam meningkatkan dana zakat ditinjau dari indikator information quality, service quality, use, use satisfaction, dan net benefit dengan didukung perhitungan presentase pertumbuhan. Namun, system quality masih belum dikatakan efektif. Faktor pendukungnya adalah jangkauan luas, transparansi, serta kreativitas dalam pembuatan konten ajakan berzakat. Faktor penghambatnya meliputi persaingan antar LAZ, keterbatasan teknologi muzaki, dan kurangnya SDM yang menguasai IT. Penelitian ini merekomendasikan YDSF Surabaya untuk mengoptimalkan strategi digital fundraising dengan meningkatkan kreativitas dalam pembuatan konten edukatif, inspiratif, dan persuasif. Hal ini bertujuan menarik lebih banyak muzaki serta memperkuat citra YDSF sebagai lembaga zakat profesional, terpercaya, dan responsif terhadap perkembangan teknologi serta kebutuhan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fathirrahma, Nadhira Fathirrahmanadhiraf10@gmail.com08020521026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsegaf, M Maulanam.maulana@uinsby.ac.id2104098701
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Zakat
Amil Zakat
Keywords: LAZ YDSF Surabaya; digital fundraising; peningkatan dana zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Nadhira Fathirrahma
Date Deposited: 15 Apr 2025 02:08
Last Modified: 15 Apr 2025 02:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79390

Actions (login required)

View Item View Item