This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rohma, Dita Arfi Anatur (2025) Peran guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam menerapkan pendidikan multikultural yang mengembangkan sikap toleransi peserta didik di SMP Negeri 1 Waru. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Dita Arfi Anatur Rohma_ 06040121100.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Dita Arfi Anatur Rohma_ 06040121100_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 15 May 2028. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis peran guru PAI dalam menerapkan pendidikan multikultural dan dampaknya yang mengembangkan sikap toleransi siswa di SMP Negeri 1 Waru. Fokus Penelitian Meliputi: (1) Menjelaskan peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan pendidikan multikultural yang mengembangkan sikap toleransi siswa di SMPN 1 WARU, (2) Menjelaskan faktor yang mendukung Guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan pendidikan multikultural di SMPN 1 WARU, (3) Menjelaskan faktor yang menghambat Guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan pendidikan multikultural di SMPN 1 WARU serta (4) Menjelaskan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi hambatan dalam menerapkan pendidikan multikultural. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data digunakan teknik trianggulasi sumber, Subjek penelitian yakni Guru PAI dan Peserta didik SMPN 1 WARU. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan pendidikan multikultural sudah baik yakni diwujudkan sebagai Pendidik, Pengajar, Pembimbing dan pelatih dalam menerapkan pendidikan multikultural. (2) Faktor yang mendukung Guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan pendidikan multikultural. Faktor-faktor pendukung tersebut yakni warga sekolah, Guru dari berbagai agama, Kurikulum dan modul ajar, Fasilitas sarana prasarana dan Wadah kegiatan sekolah. (3) Faktor yang menghambat Guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan pendidikan multikultural. Faktor-faktor penghambat tersebut yakni faktor Pengetahuan, Sosial dan Ekonomi. (4) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Hambatan dalam Menerapkan Pendidikan Multikultural yakni pembiasaan sekolah, kegiatan sekolah dan Kegiatan P5(Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pengajaran Toleransi |
||||||||||||
Keywords: | Peran guru PAI; pendidikan multikultural; toleransi | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Dita Arfi Anatur Rohma | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Apr 2025 01:32 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Apr 2025 01:34 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79398 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |