Strategi media relations dalam mempromosikan potensi pariwisata: studi pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Mardiyah Galuh Priyatno (2008) Strategi media relations dalam mempromosikan potensi pariwisata: studi pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
B06304068 Mardiyah Galuh Priyatno Putri 2008 ok.pdf

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh suatu keinginan untuk menggambarkan bagaimana strategi media relations divisi HUMAS Dinas Pariwisata dan Kebudayan Kabupaten Mojokerto dalam mempromosikan potensi pariwisata Karena banyaknya obyek - obyek wisata di daerah Mojokerto yang memiliki daya tarik tetapi kurang diminati wisatawan. Selanjutnya permasalahan yang timbul adalah apa saja potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Mojokerto dan bagaimana strategi media relations Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Mojokerto dalam mempromosikan potensi pariwisata. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mendeskripsikan potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Mojokerto dan ingin memahami pelaksanaan strategi media relations Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Mojokerto dalam mempromosikan potensi pariwisata. Penulis memilih Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Mojokerto sebagai tempat penelitian dikarenakan lembaga tersebut merupakan instansi pemerintah yang bertugas menangani kepariwisataan dan kebudayaan Kabupaten Mojokerto. Tepatnya penelitian dilakukan di Subdin pemasaran dan penyuluhan pariwisata Karena Subdin ini merupakan HUMAS dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Mojokerto yang bertugas mempromosikan potensi pariwisata. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif untuk menguraikan fakta yang ada dilapangan sehingga di dapat informasi yang dibutuhkan. Dari empat orang informan yang bertugas di divisi HUMAS dan bergerak dalam bidang kehumasan didapatkan kesimpulan bahwa potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Mojokerto ada empat kawasan yaitu kawasan wisata Trowulan, kawasan wisata Trawas, kawasan wisata Pacet, obyek wisata mandiri dan strategi media relations yang dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam mempromosikan potensi pariwisatanya adalah mengelola relasi dengan menerapkan hubungan kemitraan dan mengembangkan strategi dan mengembangkan jaringan, kelebihan dari strategi media relations yang dipilih adalah promosi pariwisata berjalan dengan lancar, hubungan baik dengan media masa yang menjadi mitra dan tujuan serta program - program dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dapat tercapai, kekurangan strategi yang diterapkan adalah dukungan dana dari pemerintah yang masih terbatas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Mardiyah Galuh PriyatnoUNSPECIFIEDB06304068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurdin, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Keywords: Strategi media relations; promosi potensi pariwisata
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Apr 2025 03:47
Last Modified: 11 Apr 2025 03:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79453

Actions (login required)

View Item View Item