Visualisasi poster sebagai representasi film: studi analisis semiotik pada poster Film Arisan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Permana, Aldia Prematura (2007) Visualisasi poster sebagai representasi film: studi analisis semiotik pada poster Film Arisan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aldia Premature Permana_B06303029.pdf

Download (6MB)

Abstract

Ada tiga permasalahan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu : (1) Bagaimana Profil "Film arisan!", (2) Bagaimana Profil Poster Film "arisan!", (3) Bagaimana Visualisasi "Poster Film arisan!" dalam merepresentasikan "Film arisan!" menurut Analis Semiotik. Untuk mengungkap permasalahan tersebut secara menyeluruh dan mendalam dalam penelitian · ini digunakanlah metode kualitatif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai visualisasi "Poster Film arisan!" dalam merepresentasikan "Film arisan!", kemudian data itu dianalisis menggunakan analisis isi Roland Barthes, sehingga diperoleh pemaparan yang mendalam tentang visualisasi "Poster Film arisan!". Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa ( 1) "Film arisan!" mengangkat sebuah fenomena arisan yang terjadi di kota Jakarta, (2) Pesan Linguistik dari "Poster Film arisan!" tentang sebuah golongan dimana orang-orang yang ada di dalamnya berbahagia ketika berada dalam lingkungannya, tetapi sebenamya tidak bahagia karena masalah yang dihadapi, dan Pesan ikonik yang terkodekan dari "Poster Film arisan!" yaitu kehidupan glamour yang mengagungkan kemewahan, pergaulan bebas, hedonis (3) "Poster Film arisan!" pada tataran denotasi adalah menerangkan tentang "film arisan!" yang diproduksi oleh Kalyana Shira Film sedangkan pada tataran konotasi, poster ini menampilkan budaya glamour dari para kaum elite yang ada di kota metropolitan, sebuah budaya yang menyenangi kemewahan, pergaulan bebas, hedonis Bertitik tolak dari penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan ( 1) bagi pembaca, diharapkan agar lebih cermat dalam memahami visualisasi "poster film arisan!" sehingga dapat memahami pesan yang ingin disampaikan poster tersebut (2) Bagi pihak pembuat poster, yakni pihak Dentsu Advertising agar lebih meningkatkan kemampuan dalam menampilkan foto yang sesuai dengan karakter yang ada dalam sebuah film, agar dalam pembuatan poster film se)anjutnya menjadi Jebih berkualitas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Permana, Aldia Prematura--B06303029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAswadi, Aswadiaswadi.syuhadak@gmail.co2012046001
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Poster; film; semiotik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sholichah Moesthofa
Date Deposited: 14 Apr 2025 07:17
Last Modified: 14 Apr 2025 07:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79468

Actions (login required)

View Item View Item