Strategi publikasi dan promosi wisata bahari Lamongan dalam meningkatkan pengunjung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Umu (2008) Strategi publikasi dan promosi wisata bahari Lamongan dalam meningkatkan pengunjung. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umu Hasanah_B06303040.pdf

Download (6MB)

Abstract

Wisata Bahari Lamongan adalah salah satu wahana wisata laut atau bahari yang ada di Lamongan tepatnya di daerah Paciran dengan berbagai fasilitas yang siap memanjakan pengunjung, publikasi dan promosi merupakan alat penting yang cukup berperan banyak untuk menunjang keberhasilan suatu proses komunikasi. Penelitian ini membahas tentang pertama, bagaimana strategi publikasi dan promosi Wisata Bahari Lamongan (WBL) dalam meningkatkan pengunjung?, Kedua, bagaimana faktor pendukung dan penghambat publikasi dan promosi Wisata Bahari Lamongan (WBL) dalam meningkatkan pengunjung? Untuk mengidentifikasi pennasalahan tersebut, penelitian menggunakan analisis deskriptif yang bersifat kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan apa-apa yang saat ini berlaku yang didalamnya terdapat upaya mendeskripsikan, mencatat, menganalisis dan menginterpretasikan kondisi yang sekarang ini terjadi atau ada dengan kata lain yang bertujuan untuk memperoleh informasi-informasi mengenai keadaan yang ada. Dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pertama, strategi publikasi clan promosi Wisata Bahari Lamongan (WBL) dalam meningkatkan pengunjung dengan melaksanakan komunikasi atau menginformasikan adanya program atau hal baru di WBL, menjalin kerja sama yang harmonis dengan media massa dan memperbanyak permainan, event-event dan meningkatkan mutu lingkungan. Kedua, faktor publikasi clan promosi Wisata Bahari Lamongan (WBL) dalam meningkatkan pengunjung ada faktor pendukung dan penghambatnya. Adapun saran yang diajukan yaitu sebagai lembaga yang bergerak dalam dunia hiburan sebaiknya pengurus WBL mulai memikirkan dan menganggarkan kebutuhan akan periklanan melalui media elektronik seperti televisi serta menjalin kerjasama dengan pihak lain yang lebih sukses dalam dunia hiburan atau wisata keluarga sehingga WBL bisa lebih dikenal dan diminati oleh masyarakat Iuas. Terpenting bagaimana pengurus WBL bisa membuat WBL terlihat lebih baik dari segi bangunan maupun program-programnya Serta lebih sering menggandeng pihak lain yang mempunyai bisnis di dunia hiburan, sehingga ada bentuk pertunjukan yang segar dan yang sedang diminati oleh masyarakat pada umumnya. Dukungan dari sponsor sangat membantu pihak WBL dalam mewujudkan WBL sebagai tempat yang favorit untuk liburan wisata bahari yang ada di Jawa Timur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Umu--B06303040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhdi, M. Nadim----
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Wisata bahari; Lamongan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sholichah Moesthofa
Date Deposited: 14 Apr 2025 07:56
Last Modified: 14 Apr 2025 07:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79474

Actions (login required)

View Item View Item