This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Devi, Intan Seftya (2025) Pengaruh penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) berbantuan media Powtoon terhadap afektif peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Intan Seftya Devi_06020421043 OK.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Intan Seftya Devi_06020421043 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 25 April 2028. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecenderungan penilaian hasil belajar yang berfokus hanya dalam ranah kognitif dan mengesampingkan ranah afektif. Peran ranah afektif sangat erat kaitannya dengan ranah kognitif dalam menentukan keberhasilan belajar peserta didik. Hal tersebut dikarenakan dalam meraih hasil belajar yang baik, maka hendaknya peserta didik wajib mempunyai sikap positif serta minat terhadap bidang yang akan dipelajari sehingga memudahkannya dalam menerima dan menyerap materi pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui afektif peserta didik yang menggunakan model ARIAS berbantuan Powtoon, afektif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction, serta pengaruh dari penerapan model ARIAS berbantuan Powtoon terhadap afektif peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang diaplikasikan adalah Post-test Only Control Group. Subjek penelitian terdiri dari 30 peserta didik kelas X-11 sebagai kelas eksperimen dan 30 peserta didik kelas X-12 sebagai kelas kontrol di SMAN 2 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket penilaian diri dan penilaian teman sejawat. Data hasil penilaian diri dan penilaian teman sejawat diuji normalitasnya dengan uji Shapiro-Wilk, kemudian dilakukan uji homogenitas serta untuk mengetahui pengaruhnya maka dilakukan uji statistik parametrik yaitu uji-t. Selain itu menentukan nilai rata-rata berdasarkan data yang diperoleh. Selanjutnya dilakukan pengkategorian pada data afektif berupa hasil penilaian diri dan penilaian teman sejawat untuk menentukan kategori dari masing-masing data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Afektif peserta didik yang mengikuti pembelajaran model ARIAS berbantuan media Powtoon termasuk dalam kategori cukup dengan rata-rata nilai 80. 2) Afektif peserta didik yang mengikuti pembelajaran model Direct Instruction termasuk dalam kategori rendah dengan rata-rata nilai 69. 3) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran ARIAS berbantuan media Powtoon terhadap afektif peserta didik dengan memperoleh nilai sig. (2-tailed) yaitu sebesar 0,00 sehingga 0,00 < 0,05 H0 ditolak dan H1 diterima. Adanya perbedaan yang signifikan, memberikan kesimpulan bahwasanya terdapat pengaruh antara penerapan model pembelajaran ARIAS berbantuan media Powtoon dan model Direct Instruction terhadap afektif peserta didik namun bukan berarti model pembelajaran ARIAS lebih baik daripada model Direct Instruction.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika | ||||||||||||
Keywords: | Model ARIAS; Powtoon; Afektif | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Intan Seftya Devi | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Apr 2025 02:09 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Apr 2025 10:31 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79620 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |