This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Cumairoh, Nurul (2025) Pengaruh beauty influencer muslim dan environmental knowledge terhadap green purchase intention dengan green trust sebagai variabel mediasi pada produk Wardah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Nurul Chumairoh_08020321061 OK.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Nurul Chumairoh_08020321061 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 24 April 2028. Download (2MB) |
Abstract
Industri kecantikan di Indonesia terus berkembang pesat, namun di sisi lain, tingginya konsumsi produk kosmetik memicu peningkatan limbah dan kerusakan lingkungan akibat kemasan yang tidak dapat didaur ulang dan bahan-bahan kimia yang tidak ramah lingkungan. Produk kosmetik halal dan ramah lingkungan seperti Wardah menawarkan solusi dengan menggabungkan nilai kehalalan dan keberlanjutan. Dalam konteks ini, peran beauty influencer muslim yang mampu menyampaikan pesan kehalaln dan kesadaran lingkungan, serta environmental knowledge konsumen menjadi faktor penting yang mempengaruhi green purchase intention. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh beauty influencer muslim dan environmental knowledge terhadap green purchase intention dengan green trust sebagai variabel mediasi pada produk Wardah. Data dikumpulkan melalui survei online yang melibatkan responden yang beragama islam yang mengikuti beauty influencer muslim di media sosial serta mengikuti akun instagram Wardah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beauty influencer muslim dan environmental knowledge berpengaruh signifikan terhadap green trust dan green purchase intention. Selain itu, green trust juga berpengaruh signifikan dalam memediasi hubungan beauty influencer muslim dan environmental knowledge terhadap green purchase intention. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran green trust dalam mendorong perilaku konsumen yang bertanggung jawab secara lingkungan dan sesuai dengan nilai-nilai keislaman. Studi ini memberikan kontribusi teoritis pada literatur pemasaran hijau, khususnya dalam konteks kepercayaan dan niat beli hijau. Secara praktis, hasil penelitian ini dapat digunakan oleh perusahaan kosmetik Wardah untuk meningkatkan strategi pemasaran berbasis influencer muslim dan edukasi lingkungan yang relevan dengan konsumen Muslim di Indonesia.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Kosmetika Manajemen Pemasaran |
||||||||
Keywords: | Beauty influencer Muslim; Environmental knowledge; Green trust; Green purchase intention; Wardah | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen | ||||||||
Depositing User: | Nurul Chumairoh | ||||||||
Date Deposited: | 24 Apr 2025 03:03 | ||||||||
Last Modified: | 24 Apr 2025 03:03 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79622 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |