الهجاء عند الشريف الرضي وابن الرومي: دراسة مقارنة - Hija menurut Syarif al Radhi dan Ibnu al Rumi: studi perbandingan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Susilowati, Susilowati (2009) الهجاء عند الشريف الرضي وابن الرومي: دراسة مقارنة - Hija menurut Syarif al Radhi dan Ibnu al Rumi: studi perbandingan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Susilowati_A01205017 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Al-Syarif al-Rodhi merupakan salah satu penyair pada masa 'Abasi masyhur dalam menggubah syair, ia telah menghasilkan banyak karya antara lain kumpulan syair, Rasail, kitab Nahju al-Balaghah, kitab Talkhis al-Bayan fi Majazat al-Qur'an. Ia telah menggubah syair dengan berbagai tujuan di antaranya al-Hija' (celaan) yang menjadi pembahasan penulis dalam penelitian ini. Selain al-Syarif al-Rodhi, Ibnu al-Rumi juga merupakan salah seorang penyair pada masa 'Abasi. Seperti halnya al-Syarif al-Rodhi, Ibnu al-Rumi juga menulis syair dengan berbagai tujuan. Ia merupakan seorang penyair yang paling terkenal dalam hija'nya sehingga menjadi ketertarikan penulis untuk meneliti hija'nya. Sebagaimana penulis ketahui bahwa hija' yang merupakan salah satu dari Aghrodhu al-Syi'ri tentu mempunyai kesamaan dan perbedaan antara satu penyair dengan penyair lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Susilowati, SusilowatiUNSPECIFIEDA01205017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohim, FathurUNSPECIFIED2025016901
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Sastra; hija; celaan; syiir; al Syarif al Rodhi; ibnu al Rumi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2009
Last Modified: 30 Nov 2023 02:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7984

Actions (login required)

View Item View Item