This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Muthohharoh, Nur Millah (2025) Pengembangan metode Lam untuk meningkatkan kualitas hafalan pada ayat-ayat mutashabihat al-alfaẓ dalam al-qur’an bagi santri di asrama darul qur’an Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah Mojokerto. PhD thesis, UIN Sunan Ampel.
![]() |
Text
Nur Millah Muthohharoh_01040421006 OK.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Nur Millah Muthohharoh_01040421006 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 29 April 2028. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, 1) menghasilkan desain metode LAM dalam meningkatkan kualitas hafalan pada ayat-ayat mutashābihāt al-alfāẓ dalam al-Qur’an bagi santri di asrama Darul Qur’an pondok pesantren Bidayatul Hidayah Mojokerto, 2) menguji kelayakan metode LAM dalam meningkatkan kualitas hafalan pada ayat-ayat mutashābihāt al-alfāẓ dalam al-Qur’an bagi santri di asrama Darul Qur’an pondok pesantren Bidayatul Hidayah Mojokerto, dan 3) menguji keefektifan metode LAM dalam meningkatkan kualitas hafalan pada ayat-ayat mutashābihāt al-alfāẓ dalam al-Qur’an bagi santri di asrama Darul Qur’an pondok pesantren Bidayatul Hidayah Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest dengan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian ini adalah seluruh santri asrama Darul Qur’an pondok pesantren Bidayatul Hidayah Mojokerto yang berjumlah 524 santri. Sampel penelitian ini terdiri dari 75 santri yang dipilih secara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan unjuk kerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Metode LAM didesain berdasar pada teori lafal Abul Aswad ad-Du’ali, teori asosiasi Edward Thorndike dan teori belajar bermakna David Ausubel 2) metode LAM terbukti layak digunakan untuk meningkatkan kualitas hafalan pada ayat-ayat mutashābihāt al-alfāẓ dalam al-Qur’an berdasarkan hasil validasi ahli. Rata-rata penilaian validasi ahli metode sebesar 73,48% (cukup layak), validasi ahli materi 1 sebesar 88,89% (layak), dan validasi ahli meteri 2 sebesar 88,25% (layak). 3) Metode LAM terbukti lebih efektif untuk meningkatkan kualitas hafalan pada ayat-ayat mutashābihāt al-alfāẓ dalam al-Qur’an sebesar 17,12% daripada metode konvensional melalui analisis kuantitatif menggunakan nonequivalent control group design. Kesimpulan tersebut diperkuat dengan uji mann whitney u-test yang menghasilkan data bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil rangking nilai posttest kelompok kontrol (R1=334) dan posttest kelompok eksperimen (R2=941).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (PhD) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Al Qur'an Santri |
||||||||||||
Keywords: | Metode Menghafal al-Qur’an; Ayat-Ayat Mutashābihāt al-Alfāẓ; al-Qur’an | ||||||||||||
Divisions: | Program Doktor > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Nur Millah Muthoharoh | ||||||||||||
Date Deposited: | 29 Apr 2025 13:58 | ||||||||||||
Last Modified: | 29 Apr 2025 13:58 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79932 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |