Implementasi muhadharah program P5 pada mata pelajaran PAI dalam menumbuhkan kemampuan public speaking siswa SMPN 3 Peterongan Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khusna, Aulia Roifatul (2025) Implementasi muhadharah program P5 pada mata pelajaran PAI dalam menumbuhkan kemampuan public speaking siswa SMPN 3 Peterongan Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulia Roifatul Khusna_06020121036.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Aulia Roifatul Khusna_06020121036_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 May 2028.

Download (2MB)

Abstract

SMPN 3 Peterongan adalah sekolah yang unik, yang memadukan kurikulum nasional dengan kurikulumkepesantrenan/kepondokan. Hal ini karena SMPN 3 Peterongan berdiri di area pondok pesantren Darul Ulum Jombang dan dahulu didirikan oleh pihak pondok pesantren Darul Ulum. Karena memadukan dua kurikulum tersebut, dalam P5 SMPN 3 Peterongan terkhusus pada elemen kearifan lokal, menerapkan Muhadharah. Hal inilah yang menjadi latar belakang penulis meneliti mengenai Muhadharah yang ada di SMPN 3 Peterongan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Muhadharah dalam program P5 di SMPN 3 Peterongan dan mengukur efektivitasnya dalam menumbuhkan kemampuan public speaking siswa. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa Muhadharah di SMPN 3 Peterongan berjalan dengan baik. Guru melibatkan siswa untuk menjadi MC, da’i, Qori, menampilkan kreasi seni, dan pembaca doa. Siswa juga membuat teks pidato mereka sendiri namun tetap dievaluasi terlebih dahulu oleh guru sebelum tampil. Dari pelaksanaan Muhadharah ini, siswa menjadi lebih percaya diri, berani, dan keterampilan berbicaranya juga terlatih. Keberhasilan Muhadharah ini didukung oleh kerjasama guru, antusiasme siswa, dan dukungan dari pihak sekolah. Meskipun begitu, tetap ada hambatan yang terjadi dalam pelaksanaannya seperti terbatasnya fasilitas, waktu latihan yang singkat, beberapa siswa yang kurang percaya diri, serta tak semua guru yang membimbing menguasai keahlian Muhadharah. Namun dengn adanya hambatan tersebut membuat para guru selalu melakukan evaluasi dan perbaikan yang diharapkan akan menyempurnakan program Muhadharah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khusna, Aulia Roifatulelkhusna04@gmail.com06020121036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii.iwa@gmail.com2020117003
Subjects: Akulturasi
Kurikulum
Pancasila
Keywords: Muhadharah; public speaking; program P5
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aulia Roifatul Khusna
Date Deposited: 06 May 2025 02:57
Last Modified: 06 May 2025 02:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80040

Actions (login required)

View Item View Item