This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Qibtia, Dwi Mariatul (2025) Efektivitas implementasi asesmen diagnostik kognitif pada peningkatan kompetensi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Dwi Mariatul Qibtia_06040121101 OK.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Dwi Mariatul Qibtia_06040121101 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 7 May 2028. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya perbedaan setiap siswa memiliki tingkat kompetensi dan kebutuhan belajar yang berbeda. Untuk itu, asesmen diagnostik kognitif menjadi penting guna mengetahui pengetahuan awal siswa dan memberikan informasi kepada guru untuk menyelaraskan metode pembelajaran dengan kemampuan siswa. Asesmen diagnostik ini dapat membantu guru dalam mengidentifikasi capaian kompetensi siswa dan memberikan remedial kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu: Implementasi Asesmen Diagnostik Kognitif Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Kompetensi siswa sebelum dan sesudah implementasi asesmen diagnostik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Efektivitas implementasi asesmen diagnostik pada peningkatan kompetensi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Desain penelitian yang digunakan yaitu jenis desain penelitian kuasi-eksperimen jenis pendekatan pretest-posttest non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Selanjutnya, data yang telah didapatkan diuji menggunakan uji prasyarat instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas, dan kemudian uji independent sample t-test dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa, implementasi asesmen diagnostik kognitif berhasil diterapkan dengan baik, dengan tingkat keterlaksanaan mencapai 91% yang masuk dalam kategori baik. Implementasi asesmen diagnostik kognitif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terbukti efektif meningkatkan kompetensi siswa. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,003 (<0,05), sehingga Ha diterima. Uji N-Gain sebesar 55,8% masuk dalam kategori cukup efektif.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Evaluasi Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi |
||||||||||||
Keywords: | Asesmen Diagnostik Kognitif; Kompetensi Siswa; Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Dwi Mariatul Qibtia | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 May 2025 13:55 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 May 2025 13:55 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80102 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |