EFEKTIVITAS PENERAPAN PAKEMI : PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, MENYENANGKAN DAN ISLAMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MADRASAH ALIYAH HASANUDDIN MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wiwinda, Anis (2009) EFEKTIVITAS PENERAPAN PAKEMI : PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, MENYENANGKAN DAN ISLAMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MADRASAH ALIYAH HASANUDDIN MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (614kB) | Preview

Abstract

Perencanaan pembelajaran adalah menetapkan metode pembelajaran yang optimal untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan, juga sebagai penentu setiap keberhasilan pengajaran guru. Oleh karena itu pemilihan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru memiliki urgensi dalam menentukan tingkat efektifitas proses belajar mengajar.
Sedangkan proses pembelajaran pada dasarnya merupakan pemberian stimulus kepada siswa agar terjadi respons yang positif pada diri siswa. Pemahaman siswa merupakan indikasi keberhasilan guru dalam mengajar, ini adalah unsur terpenting yang harus diperhatikan.
Ini semua merupakan wujud dari sistem Pakemi (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan dan Islami). Dalam sistem ini, siswa diajak kreatif terkait dengan materi pelajaran yang diajarkan. Hingga ilmu yang diajarkan melekat pada diri siswa. Selain itu, mereka tetap rileks dalam belajar. Pengajar juga diharuskan mampu menjadi tauladan di depan siswa.
Ada banyak problematika yang harus dihadapi dalam pengajaran bahasa arab. Sehingga muncul rasa pesimis untuk mempelajarinya, juga mampu menarik minat siswa untuk lebih tekun mempelajari bahasa arab. Dengan sistem pakemi dirasa mampu meningkatkan efektifitas kegiatan belajar mengajar bahasa arab.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dimana analisisnya menggunakan statistik. Dalam hal ini data di peroleh melalui teknik Observasi, Interview, Angket dan Dokumentasi. Untuk mengetahui penerapan Pakemi dan prestasi belajar Bahasa Arab siswa di gunakan rumus mean (rata-rata) dan untuk mengetahui ada tidaknya efektifitas penerapan Pakemi terhadap prestasi belajar Bahasa Arab siswa di gunakan rumus regresi linier sederhana.
Oleh karenanya dengan skripsi ini yang berjudul Efektivitas Penerapan Pakemi (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan dan Islami) Terhadap Perstasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Aliyah Hasanuddin Mojokerto, penulis bermaksud untuk mengungkap lebih jauh tentang keefektifan penerapan Pakemi terhadap prestasi belajar.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penulis mencoba untuk memberikan deskripsi umum mengenai efektifitas penerapan Pakemi terhadap prestasi belajar. Perolehan nilai hitung 0,773 adalah indikasi efektifitas penerapan pakemi terhadap prestasi belajar. Setelah variabel x dan y dinyatakan linier, maka ternyata prestasi belajar siswa kelas 10 MA Hasanuddin 63,2% dipengaruhi oleh penerapan Pakemi.
Penulis merasa perlu untuk mengangkat judul ini sebagai suatu solusi dalam pembelajaran Bahasa Arab. Kiranya hal ini sangat bermanfaat begi penulis khususnya dan umumnya bagi pihak yang terlibat dalam kegiatan belajar mengajar Bahasa Arab.
Demikian sekilas abstraksi tentang skripsi ini yang bisa dijadikan instrument dalam memahami skripsi ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wiwinda, AnisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Metode Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran Aktif; Kreatif; Efektif; Menyenangkan dan Islami
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2009
Last Modified: 11 Feb 2015 04:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8016

Actions (login required)

View Item View Item