This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hidayat, Rochmatul (2009) HUBUNGAN ANTARA METODE DEBAT AKTIF TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TASBIH DIPONDOK PESANTREN SABILIL MUTTAQIN LO CERET NGANJUK. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
COVER.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (562kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) | Preview |
Abstract
Pondok pesantren sabilil muttaqin merupakan salah satu pondok yang mengutamakan ilmu – ilmu agama, serta ilmu yang yang terkait denganya, diantaranya adalah ilmu balagoh yaitu ilmu yang mempelajari tentang pemahaman makna dengan ucapan serta susunan yang jelas, yang mana dalam pembahasan ilmu tersebut terdapat bahasan tentang tasbih yaitu adanya kesamaan di dua perkara baik berupa sifat atau yang lainnya. Dalam menjalan kan proses belajar mengajar Pondok pesantren sabilil muttaqin menggunakan beberapa metode diantaranya adalah metode belajar debat aktif yaitu proses belajar mengajar lewat proses Tanya jawab baik antara siswa ataupun siswa dengan guru.
Dari latar belakang diatas penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dalam penulisan skripsi dengan judul: Hubungan antara metode debat aktif terhadap peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran tasbih dipondok pesantren sabilil muttaqin lo ceret nganjuk.
Dalam penelitian ini penulis mengambil siswa pondok pesantren pesantren sabilil muttaqin lo ceret nganjuk sebagai sunyek penelitian ysng kemudian ditarik sampelnya secra random sebanyak 20 % dari keseluruhan santri.
Berdasarkan data yang telah di peroleh baik dari wawancara, dokumentasi, angket, maupun observasi menunjukan adanya Hubungan antara metode debat aktif terhadap peningkatan minat belajar siswa dalam belajar tasbih dipondok pesantren sabilil muttaqin loceret nganjuk.
Untuk dapat menyimpulkan hasil yang dikehendaki, penulis menggunakan uji statistic product moment untuk menganalisis data yang ada. Hasilnya terdapat pengaruh yang positif Hubungan antara metode debat aktif terhadap peningkatan minat belajar siswa dalam belajar tasbih dipondok pesantren sabilil muttaqin lo ceret nganjuk.
Dalam akhir penulisan skripsi ini, penulis juga memaparkan beberapa saran untuk guru-guru dan siswa-siswi yang ada di pondok pesantren dipondok pesantren sabilil muttaqin lo ceret nganjuk agar benar mempersiapkan bahan-bahan mata pelajaran yang akan perdebatankan secara maksimal, optimal dan mencari referensi yang sebanyak banyaknya, terlebih-lebih pada pembahasan yang didalamnya ada perselisihan dan perbedaan, agar bisa menghasilkan suatu yang garis diharapkan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bahasa Arab Metode Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Metode Debat Aktif; Pembelajaran Tasbih | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2009 | ||||||
Last Modified: | 22 Jun 2021 07:15 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8024 |
Actions (login required)
View Item |