This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hadi, Zaky Rosyidi (2025) Pengaruh cultural sensitivity, consumer ethnocentrism, dan brand credibility, terhadap domestic brand purchase intention: studi pada konsumen erigo di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Zaky Rosyidi Hadi_G93219099.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Zaky Rosyidi Hadi_G93219099_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 15 May 2028. Download (3MB) |
Abstract
Merek menyelidiki kepekaan budaya agar menonjol dari persaingan pasar global dan menjangkau pelanggan yang lebih beragam. Penelitian ini menekankan pada hubungan antara etnosentrisme konsumen, sensitivitas budaya dan kredibilitas merek terhadap niat beli produk dalam negeri. Kategori produknya adalah merek fashion Erigo yang mewakili sikap budaya Indonesia terhadap fashion. Penelitian ini menyoroti teori budaya konsumen sebagai landasan untuk membangun model etnosentrisme konsumen terhadap niat membeli produk dalam negeri. Model ini berfokus pada pentingnya kepekaan budaya sebagai anteseden yang dapat mempengaruhi etnosentrisme konsumen dan niat membeli produk dalam negeri. Penelitian dilakukan dengan metode survei dan juga diamati secara asosiatif melalui pengujian hubungan antar variabel yang terdapat dalam model konseptual. Survei dilakukan menggunakan WarpPLS 7.0. kepada 160 konsumen Erigo Indonesia yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa sensitivitas budaya mempunyai pengaruh negatif terhadap etnosentrisme konsumen dan niat membeli merek dalam negeri. Kredibilitas merek dan etnosentrisme konsumen ditemukan berpengaruh positif terhadap niat pembelian merek dalam negeri. Saran bagi penelitian selanjutnya untuk mengembangkan model penelitian yang lebih komprehensif untuk mengkaji pengaruh faktor-faktor lain diluar penelitian saat ini, seperti negara asal, kualitas produk dalam dan luar negeri, kecerdasan budaya, dan lain-lain. Selain itu, penelitian ini hanya melakukan survey pada produk fashion Erigo di Indonesia, dan penelitian selanjutnya dapat menguji produk lainnya
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pakaian dan Perhiasan | ||||||||
Keywords: | tnosentrisme konsumen; sensitivitas budaya; kredibilitas merek; merek dalam negeri | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen | ||||||||
Depositing User: | Zaky Rosyidi Hadi | ||||||||
Date Deposited: | 15 May 2025 01:56 | ||||||||
Last Modified: | 15 May 2025 01:56 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80289 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |