Peranan Insya' dalam meningkatkan kemampuan menulis (kitabah) santri Pondok Pesantren al Ishlah Sendang Agung Paciran Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Risma, Vidya (2006) Peranan Insya' dalam meningkatkan kemampuan menulis (kitabah) santri Pondok Pesantren al Ishlah Sendang Agung Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
D02302036 Vidya Risma 2006 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Terpilihnya judul tersebut didasarkan atas asumsi penulis bahwa insya' yang merupakan salah satu teknik dalam pembelajaran kitabah adalah materi yang sangat penting dalam pengajaran bahasa Arab, karena mempelajari insya' tidak semudah mempelajari materi-materi bahasa Arab yang lain. Adapun yang dibahas dalam skripsi ini: 1. bagaimana pelaksanaan pembelajaran insya' di Pondok Pesantren al-Ishlah Sendang Agung Paciran Lamongan. 2. bagaimana kemampuan menulis santri Pondok Pesantren al-Ishlah, dan 3. bagaimana peran insya' dalam meningkatkan kemampuan menulis santri Pondok Pesantren al­ Ishlah. Penelitian ini adalah sebuah penelitian kuantitatif, karena penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berupa analisis statistik (menggunakan angka- angka), selain itu penelitian ini juga bersifat deskriptif korelasi yaitu menggambarkan tentang pengaruh atau sebab akibat dari variabel bebas (insya') terhadap variabel terikat (kemampuan menulis). Untuk mengumpulkan data diperlukan metode clan instrumen, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Sedangkan instrumennya adalah pedoman wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi "product moment". Dari hasil analisa data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa: 1. pelaksan · pembelajaran insya' di Pondok Pesantren al-Ishlah sudah berjalan cukup baik, yaitu dengan penguasaan guru terhadap materi yang diajarkan, penggunaan metode yan tepat, dan materi (judul) yang menarik sehingga murid tidak mudah bosan. Di bah lagi dengan ''tashih" (koreksi) yang dilakukan guru secara langsung yang melipu i seluruh aspek bahasa, baik dari kaedah bahasanya, penulisan serta kesesuaian bahasa yang digunakan. Hal ini j uga dapat dilihat dari . tidak kurangnya minat murid terhadap materi pelajaran ini. 2. bahwa kemampuan menulis santri Pondok Pesantren al-Ishlah masuk pada kategori cukup, hal ini berdasarkan basil dari nilai raport dengan rata-rata 6,65. 3. bahwa insya' mempunyai peranan dalarn meningkatkan kemampuan menulis santri Pondok Pesantren al-Ishlah dengan peranan yang cukup yaitu r = 0,575.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Risma, VidyaUNSPECIFIEDD02302036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaedi, Junaediulul_masedi@yahoo.com2024126501
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Kemampuan menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 May 2025 08:23
Last Modified: 19 May 2025 08:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80405

Actions (login required)

View Item View Item