Proses pengajaran Bahasa Arab di Pondok Mahasiswa An Nur Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosidah, Umi (2007) Proses pengajaran Bahasa Arab di Pondok Mahasiswa An Nur Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
D02302060 Umi Rosidah 2007 ok.pdf

Download (9MB)

Abstract

Motif tcrpcnting yang mendorong pcnulis dalam memilih judul tersebut adalah: 1) Pentingnva mernpelajari bahasa arab dalarn memahami al Quran, al Hadist dan rnernpertajam akal. 2) Mcngctahui bagaimana proses pengajaran bahasa arab di pondok tersehut beserta unsur-unsurnya. 3) Mengetahui problernatika yang dihadapi oleh para guru dan siswa serta rnengetahui bagairnana solusinya. Dalam penyusunan skripsi ini pcnulis menggunakan metode Penelitian K walitatif Deskriptive. Sedangkan pernbahasan dalarn skripsi mi melipuri bab I pendahuluan, mencakup: latar belakang. rumusan masalah. tujuan penelitian, manfaat penelitian. definisi operasional. metode penelitian. dan sisternatika penelitian. Bab ll yaitu: studi teori yang terdin dari 3 pasal. Pasal I rnencakup: pengcrtian pcngajaran bahasa arab. unsur-unsur pengajaran bahasa arab, tujuan pengajaran bahasa arab, rnateri pengajaran bahasa arab. sarana pengajaran bahasa arab, meiode pengajaran bahasa arab dan evaluasi pengajaran bahasa arab. Pasal 2 tcntang problernatika pcngajaran bahasa arab. Pasal 3 tentang solusi mengatasi problcmatika pengajaran bahasa arab. Bah Ill yaitu: studi lapangan. yang terdiri dari 2 pasal. Pasal l mencakup garnbaran umum tentang pondok pesantren mahasiswa AN NUR beserta kondisinya. Pasal 1 mcncakup proses pengajaran bahasa arab di pondok mahasiswa AN NUR, problemarika pengajaran bahasa arab di pondok rnahasiswa AN NUR dan solusi mengatasi problcmatika tersebut. Diakhir penulisan skripsi ini penulis mernaparkan kesimpulan dan beberapa saran, bahwa pelaksanaan pengajaran bahasa arab di pondok ini bcrjalan dengan baik. Dan saran untuk lernbaga dan para guru agar lebih selcktif lagi dalarn penernpatan kclas-kelas untuk santri-santrinya, schingga tidak terjadi komplain para santri karcna rnereka tidak marnpu mengikuti pelajaran dalam kelas. Dan guru hendaknya lebih krcatif lagi dalam menggunakan rnetode dan sarana pengajaran sehingga para santri dapat mcnguasai matcri bahasa arab dan merniliki kernahiran berbahasa dengan baik dan bcnar. Selain itu hendaknya para guru dan santri bckerjasarna unruk lebih mcningkatkan l:lgi kegiatan yang sudah berjalan dengan lebih meningkatkan kedisiplinan masuk kelas dan aktif rnengikuti pelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosidah, UmiUNSPECIFIEDD02302060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholehan, Sholehansholehan_tarbiyah@yahoo.com2004115901
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Pengajaran Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 May 2025 04:24
Last Modified: 20 May 2025 04:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80425

Actions (login required)

View Item View Item