This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rahmawati, Diana (2007) Perencanaan pembelajaran Bahasa Arab Intemif di Program Bahasa Arab pada Ma'had al Ukhuwah al Islamiyah Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
D02303075 Diana Rahmawati 2007 ok.pdf Download (8MB) |
Abstract
Bahasa Arab adalah bahasa yang penting untuk dipelajari, dengan demikian kita akan lebih mudah memahami ajaran pokok yang terkandung dalam al Qur'an. Bagi mahasiswa yang tidak pernah mengenyam pendidikan ma.drasah atau pondok pesantren sebagian dari mereka menginginkan pemahaman yang lebih tentang Islam clan Bahasa Arab. Untuk mendapatkan kemampuan mahasiswa yang notabene belurn pemah belajar bahasa Arab clan kondisi mereka yang masih kuliah di universitasnya dalam mempelajarinya membutuhkan persiapan yang rnatang perencanaan yang bagus dalam pembelajaran yang akan dilakukan yang pastinya disesuaikan dengan kemampuan, waktu dan kebutuhan mereka. Perencanaan tersebut meliputi perencanaan tujuan, rnateri, rnetode, sarana, media, serta evaJuasi pembelajarannya. Secrang guru bahasa Arab hendaklah merencanakan sebuah pembelajaran yang baik , bervariasi, dan menarik sehingga mahasiswa menjadi aktif clan mampu dalam berbahasa Arab. Perencanaan pembelajaran bahasa Arab lntensif sangat menentukan akan keberhasilan mahasiswanya sesuai target dalam waktu tertentu.. Ma'had al Ukhuwah al Islamiyah adalah salah satu lembaga yang rnenerapkan pembelajaran Bahasa Arab Intensif bagi mahasiswanya. Dalam jenjang 2 tingkat atau kelas yang rnasing-masing tingkatnya selama 3 bulan adalah waktu yang singkat untuk belajar bahasa Arab. Hal ini menuntut akan perencanaan yang baik demi mencapai tujuannya yaitu membelcali para mahasiswanya dengan kemampuan bahasa Arab yang baik dan mampu berkomunikasi sederhana untuk sehari-hari. Tujuan dari penelitian pada skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan dalam pembelajaran bahasa Arab Intensif di ma'had al ukhuwah al Islamiyah Surabaya dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk mengetahuai data tersebut penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan data yaitu observasi, interview, dan dokumentasi. Setelah data-data tersebut terkumpul kemudian dianalisis sesuai dengan jenis data. Dari hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran Bahasa Arab di Jurusan Bahasa Arab pada ma'had al Ukhuwah al Islamiyah sudah diterapkan tetapi kurang rapi dalam pengadministrasiannya. Perencanaan pembelajaran Bahasa Arab intensif memiliki peran penting akan keberhasilan tujuan pembelajaran di Ma'had Al Ukhuwah Al Islamiyah. Akan tetapi kendalanya pada pelaksanaannya. Kendala yang paling dominan adalah terbenturnya perencanaan tersebut dengan kondisi dari mahasiswa yang masih kuliah di universitasnya dengan jadwa1 yang sangat padat sehingga pelaksanaan perencanaan pembelajaran tersebut kurang optimal.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar | ||||||||
Keywords: | Pembelajaran Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 20 May 2025 08:03 | ||||||||
Last Modified: | 20 May 2025 08:03 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80449 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |