This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fitria, Fitria (2007) Ahamiyah tadris al qawaid al nahwiyah bi uslub al quran fi ta'lim al lugahah al arabiyah. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
D22302083 Fitria 2007 ok.pdf Download (10MB) |
Abstract
Diantara nilai kemujizatan al-Qur'an adalah gaya bahasanya yang sangat tinggi, hat ini dapat dibuktikan rnelalui pengakuan sejumlah pakar bahasa yang menyatakan bahwa salah sa.tu faktor terpenting dari keindahan gaya bahasa. al-Qur'an itu adalah terletak pada sisi tata bahasa.nya. Oleh karena itu, agar dapat memahami keindahan bahasanya, diperlukan pemahaman yang cukup tentang bahasa. Arab, karena al-Qur'an sesungguhnya diturunkan dengan menggunakan bahasa Arab. Melihat statement diatas, maka upaya pembelajaran bahasa. arab khususnya dari sisi tata bahasanya mutlak diperlukan. Upaya ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kecintaan peserta didik terhadap al-Qur'an, selain pemaharnan dan kecintaan mereka terhadap bahasa Arab. Bahkan banyak pakar bahasa Arab yang menyatakan bahwa sesungguhnya para ahli tata bahasa Arab menyusun sejumlah kaidah-kaidah tata bahasa sebagai upaya pelestarian terhadap keindahan gaya bahasa. al-Qur'an. Dalam hal ini, para pengajar bahasa. Arab, khususnya para pengajar tata bahasa Arab dituntut agar mempunyai kemampuan yang cul-up dalam pengajaran tata bahasa Arab, terlebih dalam pola pengembangan pengajaran tata bahasa Arab melalui pendekatan gaya bahasa al-Qur'an yang sudah pernah dikembangkan oleh para ahli tata bahasa Arab. Oleh karenanya, penulis melihat bahwa studi bahasa. Arab yang diantaranya adalah studi dari sisi tata bahasa.nya tidak akan pernah sampai pada pada tujuan yang diinginkan, apalagi bila hat itu terkait dengan pemaharnan al- Qur'an, kecuali bila dilakukan dengan memberikan bukri-bukti riil melalui contoh- contoh dalam al-Qur'an. Hal ini perlu dilakukan dalam upaya memahami bahasa Arab, sekaligus memahami bahasa al-Qur'an dengan baik. Dalam penelitian ini penulis berusa.ha untuk membuktikan urgensitas pembelajaran tata bahasa. Arab dengan gaya bahasa. al-Qur'an dalam proses pengajaran bahasa Arab. Berawal dari pemahaman bagaimana sesungguhnya pembelajaran tata bahasa. Arab, memahami tujuan, metode, penerapan dan evaluasi pembelajaran tata bahasa. Arab, seorang pengajar bahasa Arab diharapkan dapat mempersiapkan beberapa faktor diatas sebelum menyampaikan materi pembelajarannya. Pembelajaran tata bahasa. Arab dengan menggunakan contoh gaya bahasa al- Qur'an, sa.at ini sa.ngat dibutuhkan oleh banyak peserta didik. Berangkat dari pemahaman tentang apa dan bagaimana gaya bahasa itu, pemahaman tentang ciri-ciri gaya bahasa al-Qur'an, metode pembelajaran tata bahasa. Arab clan langkah-langkah yang harus ditempuh dalam menyampaikan materi pembelajaran tata bahasa. Arab dengan menggunakan gaya bahasa al-Qur'an, serta memahami dengan baik urgensitas metode pembelajaran ini. Dari tulisa.n ini, penulis berharap dapat memberikan sumbangsih pemikiran tentang metode pembelajaran tata bahasa. Arab yang lebih baik, selain itu penulis juga ingin memberikan saran kepada segenap pengajar bahasa. Arab agar mereka Iebih mengarahkan pemahaman tentang kaidah tata bahasa Arab kepada peserta didik dengan menggunakan contoh-contoh dari gaya bahasa al-Qur'an.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran | ||||||||
Keywords: | Pembelajaran tata Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 20 May 2025 08:32 | ||||||||
Last Modified: | 20 May 2025 08:32 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80453 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |