Pengembangan video kreasi seni tari untuk meningkatkan keterampilan wirama siswa dan pemahaman literasi budaya di MI Darul Hikmah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nugrohaji, Adheari Sya'ban (2024) Pengembangan video kreasi seni tari untuk meningkatkan keterampilan wirama siswa dan pemahaman literasi budaya di MI Darul Hikmah Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adheari Sya'ban Nugrohaji_02041023009 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Adheari Sya'ban Nugrohaji_02041023009 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 May 2028.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Vidio kreasi seni tari sebagai sarana peningkatan keterampilan wirama dan pemahaman literasi budaya siswa di MI Darul Hikmah Buduran Sidoarjo. Fokus utama penelitian ini adalah pada pengembangan keterampilan siswa dalam mengikuti irama musik melalui gerakan tari, serta meningkatkan pemahaman mereka terhadap nilai-nilai budaya yang terkandung dalam seni tari tradisional. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan pendekatan penelitian pengembangan (R&D Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan tes keterampilan. Dalam penelitian ini, siswa diajarkan untuk menyelaraskan gerakan tari dengan irama musik, menguasai pola ritme, dan mengekspresikan emosi melalui gerakan tari. Hasil pengembangan kreasi seni tari diimplementasikan dalam bentuk video pembelajaran yang kemudian diuji efektivitasnya dalam meningkatkan keterampilan wirama dan literasi budaya siswa Berdasarkan hasil uji efektivitas, ditemukan bahwa video kreasi seni tari yang dikembangkan dapat secara signifikan meningkatkan keterampilan wirama siswa. Selain itu, pemahaman siswa terhadap literasi budaya juga mengalami peningkatan setelah implementasi video pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui hasil tes keterampilan dan pengetahuan siswa yang menunjukkan perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran seni tari. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran seni tari di sekolah dasar, khususnya dalam meningkatkan keterampilan wirama dan literasi budaya siswa. Penelitian ini juga dapat dijadikan referensi bagi pengembangan model pembelajaran serupa di sekolah�sekolah lain yang ingin mengintegrasikan seni tari sebagai bagian dari kurikulum pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nugrohaji, Adheari Sya'banadhearisyaban.n@gmail.com02041023009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRusdiyah, Evi Fatimaturevi_fatimatur@yahoo.com2027127302
Thesis advisorMukhlishah AM, Mukhlishah AMmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Subjects: Budaya Islam
Belajar
Kebudayaan Jawa
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Peran Guru
Keywords: Seni Tari; Keterampilan Wirama siswa; Ketrampilan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: adheari adhe
Date Deposited: 30 May 2025 01:57
Last Modified: 30 May 2025 01:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80477

Actions (login required)

View Item View Item