This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nugrohaji, Adheari Sya'ban (2024) Pengembangan video kreasi seni tari untuk meningkatkan keterampilan wirama siswa dan pemahaman literasi budaya di MI Darul Hikmah Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Adheari Sya'ban Nugrohaji_02041023009 OK.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Adheari Sya'ban Nugrohaji_02041023009 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 30 May 2028. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Vidio kreasi seni tari sebagai sarana peningkatan keterampilan wirama dan pemahaman literasi budaya siswa di MI Darul Hikmah Buduran Sidoarjo. Fokus utama penelitian ini adalah pada pengembangan keterampilan siswa dalam mengikuti irama musik melalui gerakan tari, serta meningkatkan pemahaman mereka terhadap nilai-nilai budaya yang terkandung dalam seni tari tradisional. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan pendekatan penelitian pengembangan (R&D Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan tes keterampilan. Dalam penelitian ini, siswa diajarkan untuk menyelaraskan gerakan tari dengan irama musik, menguasai pola ritme, dan mengekspresikan emosi melalui gerakan tari. Hasil pengembangan kreasi seni tari diimplementasikan dalam bentuk video pembelajaran yang kemudian diuji efektivitasnya dalam meningkatkan keterampilan wirama dan literasi budaya siswa Berdasarkan hasil uji efektivitas, ditemukan bahwa video kreasi seni tari yang dikembangkan dapat secara signifikan meningkatkan keterampilan wirama siswa. Selain itu, pemahaman siswa terhadap literasi budaya juga mengalami peningkatan setelah implementasi video pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui hasil tes keterampilan dan pengetahuan siswa yang menunjukkan perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran seni tari. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran seni tari di sekolah dasar, khususnya dalam meningkatkan keterampilan wirama dan literasi budaya siswa. Penelitian ini juga dapat dijadikan referensi bagi pengembangan model pembelajaran serupa di sekolah�sekolah lain yang ingin mengintegrasikan seni tari sebagai bagian dari kurikulum pendidikan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Budaya Islam Belajar Kebudayaan Jawa Pendidikan > Anak Pendidikan > Peran Guru |
||||||||||||
Keywords: | Seni Tari; Keterampilan Wirama siswa; Ketrampilan | ||||||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | adheari adhe | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 May 2025 01:57 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 May 2025 01:57 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80477 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |