This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Maulana, Ashlich (2007) Pengaruh gambar-gambar di Kitab Al Arabiyah Baina Yadaika terhadap keterampilan berbicara dalam pengajaran Bahasa Arab di Kelas 2 (dua) Madrasah Aliyah AI Ishlah Sendang Agung Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
D02303051 Ashlich Maulana 2007 ok.pdf Download (4MB) |
Abstract
MA Al-Isiah merupakan lembaga pendidikan Islam yang ada di Lamongan. Di sekolah ini, bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang diajarkan dan digunakan sebagai bahasa sehari-hari siswa. Meskipun bahasa Arab merupakan bahasa sehari-hari, namun seiring dengan perkembangan yang terjadi pada disiplin ilmu bahasa maka bahasa Arab khususnya keterampilan berbicara memerlukan media yang dianggap mampu meningkatkan keterampilan atau kemampuan berbicara siswa. Salah satu media yang dianggap mampu meningkatkan keterampilan atau kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya keterampilan berbicara adalah gambar-gambar yang ada di kitab "Al-Arabiyah Baina Yadaika" yang merupakan bagian dari media pendidikan. Pokok permasalahan dalam penulisan skripsi ini adalah: 1 ). Bagaimanakah penerapan gambar-gambar di kitab "Al-Arabiyah Baina Yadaika" dalam pengajaran bahasa Arab di kelas 2 (dua) Madrasah Aliyah Al-Isiah; 2) Bagaimanakah keterampilan berbicara siswa dalam pengajaran bahasa Arab di kelas 2 (dua) Madrasah Aliyah Al-Isiah; 3) Adakah pengaruh antara gambar-gambar di kitab "Al- Arabiyah Baina Yadaika" terhadap keterampilan berbicara dalam pengajaran bahasa Arab di kelas 2 (dua) Madrasah Aliyah Al-Ishlah. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, angket, interview, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis rumus prosentase untuk mengetahui penerapannya. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh gambar-gambar di kitab "Al-Kitab Arabiyah Baina Yadaika" terhadap keterampilan berbicara menggunakan rumus statistik product moment. Hasil dari penulisan skripsi ini adalah: 1 ). Bahwa Penerapan gambar-gambar di kitab "Al-Arabiyah Baina Yadaika" dalam pengajaran bahasa Arab di kelas 2 (dua) "bagus", karena materi sesuai dengan kebutuhan siswa dan hal ini bisa dilihat dari tujuan, metode, dan sarana pendidikan yang diterapkan di Madrasah Aliyah Al-Isiah; 2). Bahwa keterampilan berbicara siswa dalam pengajaran bahasa Arab di kelas 2 (dua) "cukup baik'', karena sistem pengajaran keterampilan berbicara tertata rapih dan ditunjang dengan kegiatan-kegiatan yang menunjang untuk tercapainya tujuan pembelajaran keterampi1an berbicara siswa di kelas 2 (dua) Madrasah Aliyah Al- Ishlah. 3). Ada pengaruh antara gambar-gambar di kitab "Al-Arabiyah Baina Yadaika" terhadap keterampilan berbicara dalam pengajaran bahasa Arab di kelas 2 (dua) Madrasah Aliyah Al-Isiah, meskipun pengaruhnya cukup baik. Hal ini, merupakan hasil pengumpulan data-data di Madrasah Aliyah Al-Ishlah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar | ||||||||
Keywords: | Keterampilan berbicara | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 21 May 2025 06:59 | ||||||||
Last Modified: | 21 May 2025 06:59 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80490 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |