Pengaruh Lagu Arab terhadap kemampuan mendengar siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MI Wangkal Krembung.Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ludfi, Muchammad (2007) Pengaruh Lagu Arab terhadap kemampuan mendengar siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MI Wangkal Krembung.Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
D02303058 Muchammad Ludfi 2007 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ml Wangkal krembung Sidoarjo merupakan lembaga pendidikan Islam yang setara dengan SD yang ada di Sidoarjo. Di sekolah ini ada dua bahasa asing yang diajarkan yaitu bahasa lnggris dan bahasa Arab, meskipun bahasa Arab menjadi pelajaran bahasa prioritas ketiga setelah bahasa lnggris dan bahasa Indonesia, namun bahasa Arab tetap dianggap penting, mengingat bahasa Arab menjadi salah satu modal utama dalani belajar ilmu agama Islam. Mengingat pentingnya belajar bahasa Arab terutama dalam pembelajaran rnembacanya, Maka dalam pelaksanaan pembelajarannya harus memperhatikan keterampilan berbahasanya yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis dalam pencapaian keberhasilan. Sementara tingkat keterampilan berbahasa yang dimiliki para siswa pada umumnya masih lemah khususnya mendengar. Salah satu metode baru yang dianggap mampu meningkat.kan keterampilan atau kemampuan siswa dalam belajar bahasa Arab khususnya mendengar adalah lagu arab yang merupakan bagian dari media pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dan pengaruh metode tersebut dalam meningkatkan kemampuan mendengar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di MI Wangkal krembung Sidoarjo. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, angket, interview dan dokumentasi dengan menggunakan analisis Prosentase untuk mengetahui penerapannya sedangkan untuk mengetahui Pengaruhnya menggunakan rumus statistik " Product Moment" dengan memasukkan data yang diperoleh dari angket lagu arab (variable X) dan data yang diperoleh dari angket maharoh istima.. (variable Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode lagu arab dapat meningkat.kan kemampuan mendengar siswa dalam pembelajaran bahasa arab. Hal ini berdasarkan hasil Analisa statistic yang didapatkan dari kedua variabel dengan menunjukkan angka 0.,3. Dikarenakan penelitian ini masih banyak kekurangannya rnal ta di perlukan pengkajian yang lebih mendaJam lagi oleh peneliti - peneliti lain sehingga dapat diketahui lebih lanjut tentang keunggulan-keunggulan dari penggunaan metode ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ludfi, MuchammadUNSPECIFIEDD02303058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNajib, Aanaannajib@gmail.com2015105902
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Lagu Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 May 2025 07:44
Last Modified: 21 May 2025 07:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80496

Actions (login required)

View Item View Item