Peran guru muhadatsah dalam meningkatkan maharoh kalam pada siswa Jurusan MAK di Madrasah Aliyah Al Hikmah Purwoasri Kediri: deskriptif-analitik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Subeki, M. (2007) Peran guru muhadatsah dalam meningkatkan maharoh kalam pada siswa Jurusan MAK di Madrasah Aliyah Al Hikmah Purwoasri Kediri: deskriptif-analitik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
D12303046 M. Subeki 2007 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Madrasah Aliyah AI-Hikmah merupakan salah satu Lembaga Pendidikan yang bersifat Formal di Kediri. Didalam Madrasah ini terdapat satu jurusan yang khusus disediakan bagi siswa-siswi yang mempunyai bakat kemahiran serta memperdalam ilmu-ilmu Agama terutama dalam berbahasa Arab yaitu MAK. Adapun penekanan dalam pembelajaran Bahasa Arab terutama mata Pelajaran Muhadatsah pada jurusan tersebut tertuju pada beberapa penekanan diantaranya Lahjah, Qowaid, Dzohiru Al-Lafdzi, mufrodat dengan tujuan memperlancar, memperjelas ucapan serta meningkatkan Keterampilan membaca dan berbicara. Dalam Pembelajaran Muhadatsah dalam hal ini tak lepas dari peran serta seorang Guru yang mengajar yang mempunyai Kriteria yang terdiri dari beberapa Aspek diantaranya: 1. Cara Berbicara Bahasa Arab dalam Kelas. 2. Pemakaian Metode dalam pembelajaran Muhadatsah. 3. Sikap dan Perilaku dalam Pembelajaran Muhadatsah. 4. Pemahaman isi Materi Pelajaran Muhadatsah. Mengingat Guru adalah sosok orang yang mempunyai ilmu dan memberikanya kepada murid-muridnya dalam suatu proses Pembelajaran baik secara Formal maupun Non Formal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Deskriptif dari peran Guru Muhadatsah dalam meningkatkan Maharoh Kalam pada siswajurusan MAK. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data diantaranya : Interview, Observasi, Angket dengan menggunakan analisis Rumus Prosentase untuk mengetahui Peran guru Muhadatsah dalam meningkatakan Maharoh kalam, serta Angket dengan menggunakan Tes As-Ayafahi dengan tujuan untuk megetahui sejauh mana kemampuan siswa-siswi Jurusan MAK dalam berbicara Bahasa Arab. Dari hasil analisis dengan rumus Prosentase maka dapat diketahui bahwa Peran guru Muhadatsah sangat signifikan dalam meningkatkan Maharoh Kalam. Selain itu dari hasil tes Syafahi Siswa yang sangat baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Subeki, M.UNSPECIFIEDD12303046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWahab, WahibUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Maharoh kalam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 May 2025 01:53
Last Modified: 22 May 2025 01:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80512

Actions (login required)

View Item View Item