Kesulitan-kesulitan pengajaran Qiraah dengan menggunakan Kitab Fathul Qarib al Mujib pada Program Pembelajaran Bahasa Arab di MA Kanjeng Sepuh Sedayu Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasan, Moh Ali (2007) Kesulitan-kesulitan pengajaran Qiraah dengan menggunakan Kitab Fathul Qarib al Mujib pada Program Pembelajaran Bahasa Arab di MA Kanjeng Sepuh Sedayu Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
D02302031 Moh Ali Hasan 2007 ok.pdf

Download (8MB)

Abstract

Terpilihnya judul tersebut didasari atas asumsi pembahas bahwa bahasa Arab khususnya qira'ah merupakan materi yang telah diajarkan di berbagai lembaga pendidikan khususnya Pendidikan Agama. Sedangkan memahaminya bukanlah persoalan yang mudah karena qira'ah merupakan bagian dari bahasa Arab atau bahasa asing, sehingga ditemukan banyak kesulitan dalam mengajarkannya tidak terkecuali proses pengajaran qira'ah pada program bahasa yang dimulai kelas I hingga kelas III. Sedangkan siswa-siswanya mempunyai kemampuan yang berbeda dalam memahami pelajaran tersebut karena sebagian besar adalah lulusan MTs (tanpa program bahasa). Atas dasar permasalahan di atas, maka tujuan penyusunan skripsi ini adalah ingin mengetahui sejauh manakah problematika pengajaran qira'ah di program bahasa tersebut dan bagairnanakah proses pengajarannya serta bagairnana solusi- solusi yang sesuai untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut. Skripsi ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan prosentase. Untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan pembahasan, maka penulis menggunakan lima metode yaitu observasi, interview, quisioner, dokumentasi dan analisis data. Setelah mendapatkan data, penulis menganalisa sesuai denganjenis datanya, Hasil penulisan skripsi ini adalah : Kesulitan-kesulitan pengajaran qira'ah dengan menggunakan kitab "Fathul Qarib al-Mujib" di sekolah tersebut berjalan cukup baik, seperti halnya pelajaran-pelajaran lainnya. Walaupun dilihat dari segi tujuan kurang sesuai dengan GBPP yang ada. Namun dari segi metode dan materi yang disampaikan pada murid telah sesuai dengan tujuan yang dimiliki. Namun ada juga yang perlu mendapatkan perhatian yaitu tidak adanya media pengajaran sebagai sarana mempermudah siswa dalam mempelajari bahasa Arab pada umwnnya dan qira'ah pada khususnya. Problematika pengajaran qira'ah di sekolah ini antara lain : kurangnya waktu yang tersedia, adanya latar belakang pendidikan siswa yang berbeda, tidak adanya lingkungan yang mendukung, dan tidak adanya media pengajaran. Usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan tersebut antara lain : penambahan waktu untuk mengajarkan materi qira'ah, pemberian pelajaran qira'ah tambahan atau les bagi siswa yang berasal dari SMP dan MTs, menciptakan lingkungan yang mendukung ketika proses mengajar berlangsung, mewujudkan atau mengadakan media pengajaran yang sesuai untuk pengajaran bahasa Arab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasan, Moh AliUNSPECIFIEDD02302031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id2025077402
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Pengajaran Qiraah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 May 2025 03:04
Last Modified: 22 May 2025 03:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80517

Actions (login required)

View Item View Item