Pengaruh penggunaan media kartu dalam Pengajaran Bahasa Arab dalam penguasaan kosakata pada Keas I di Madrasah T sanawiah Al Ittihad Belung Poncokusumo Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauzia, Lely (2007) Pengaruh penggunaan media kartu dalam Pengajaran Bahasa Arab dalam penguasaan kosakata pada Keas I di Madrasah T sanawiah Al Ittihad Belung Poncokusumo Malang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
D02302051 Lely Fauzia 2007 ok.pdf

Download (8MB)

Abstract

Terpilihnya judul tersebut didasarkan atas asumsi penulis bahwa rnetode yang tepat dalam suatu bahasa asing khususnya bahasa arab rnempunyai peranan yang sangat penting. Sebab salah satu segi yang sering disorot orang dalam pengajaran bahasa arab adalah dari segi metodenya, apakah metode tersebut langsung membantu siswa dalam belajar atau hanya metode yang tidak mempunyai pengaruh apapun terhadap siswa. Dan dalam rangka meningkatkan kualitas pengajaran bahasa arab dilaksanakanlah penelitian tentang pengajaran bahasa arab berbasis kosakata dengan menggunakan media kartu sebagai suatu alternative yang akan digunakan apabila terbukti media kartu dapat memberikan pengaruh positif tergadap anak didik. Penelitaian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media kartu dalam pengajaran bahasa arab berbasis kosakata terhadap hasil belajar siswa kelas I Mts AI­ Ittihad Malang. Dengan rancangan penelitian pra eksperimen, penelitian ini ditujukan untuk memperoleh informasi tentang: a. Hasil belajar bahasa arab siswa kelas I Mts AI­Ittihad dalam pengajaran bahasa arab berbasis kosakata dengan menggunakan media kartu. b. Pengaruh pengguanaan media kartu dalam pengajaran bahasa arab berbasis kosakata terhadap hasil belajar siswa kelas I Mts AI­Ittihad. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I Mts AI­Ittihad yang berjumlah V·f siswa yang dijadikan sample adalah lf siswa, data dikumpulkan nilai pre test (middle) dan past test (semester) dan observasi yang kemudian dianalisis untuk menemukan hasil akhir dari pengaruh metode dalam pengajaran bahasa arab berbasis kosakata dengan menggunakan media kartu. Hasil penelitian memifijukkan adanya peningkatan nilai rata­rata pelajaran bahasa arab siswa yang rnenggunakan media kartu dalam pengajaran bahasa arab berbasis kosakata dibandingkan dengan system pembelajaran sebelumnya yang bersifat konvensional. dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima, yaitu ada pengaruh yang signifikan penggunaan media kartu dalam pengajaran bahasa arab berbasis kosakata tergadap hasil belajar siswa kelas I Mts Al­Ittihad. Oleh karena itu pengajaran bahasa arab berbasis kosakata dengah menggunakan media kartu perlu ditindak lanjutidan dikembangkan agar hasilnya lebih maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauzia, LelyUNSPECIFIEDD02302051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMudlofir, Alimudlofir_ali@yahoo.com2016116301
Subjects: Pendidikan > Media
Keywords: Media kartu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 May 2025 03:15
Last Modified: 22 May 2025 03:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80519

Actions (login required)

View Item View Item