Pengaruh Rencana Pembelajaran terhadap keberhasilan proses pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Darul Ulum Kureksari Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummatin, Khoiro (2007) Pengaruh Rencana Pembelajaran terhadap keberhasilan proses pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Darul Ulum Kureksari Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
D02303018 Khoiro Ummatin 2007 ok.pdf

Download (11MB)

Abstract

Terpilihnya judul tersebut berdasarkan bahwa perencanaan pengajaran seharusnya dipandang sebagai suatu alat yang dapat membantu para pengelola pendidikan untuk lebih menjadi berdaya guna dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Perencanaan dapat menolong pencapaian suatu sasaran secara lebih efisien clan tepat waktu. Tanpa perencanaan banyak masalah pendidikan yang akan tertunda penanganannya. Atas dasar itu apakah benar adanya pengaruh rencana perencanaan pembelajaran terhadap keberhasilan proses pembelajaran Bahasa Arab. Masalah yang diteliti disini adalah perencanaan pembelajaran guru pelajaran Bahasa Arab, keberhasilan proses, pembelajaran pelajaran Bahasa Arab dengan melihat raport siswa sebagi tolak ukur keberhasilan siswa, clan mencari adakah pengaruh perencanaan pembelajaran terhadap keberhasilan proses pembelajaran Bahasa Arab. Adapun metode pengumpulan data yang penulis pergunakan adalah metode interview, metode observasi, metode dokumentasi, metode angket, sedangk.ang untuk menganalisis datanya digunakan teknik analisa data kualitatif dan analisa data kuantitatif dengan mempertimbangkan bahwa variable yang digunakan serta data yang dibutuhkan bersifat kuantitatif. Adapun hasil yang diperoleh dengan pengumpulan data diatas dapat disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah "Darul Ulum" Kureksari Waru Sidoarjo tergolong cukup dengan nilai 69,56% sedangkan keberhasilan proses pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah "Darul Ulum" Kureksari Waru Sidoarjo tergolong cukup dengan nilai 74,90% sedangkang pengaruh rencana pembelajaran terhadap keberhasilan proses pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah "Darul Ulum" Kureksari Waru Sidoarjo dengan nilai 0,616% tergolong kategori tinggi. Kesimpulannya, apabila dikonsultasikan dengan Suharsimi Arikunto bahwa nilai 0,616% terletak pada 0,600% - 0,800% yang berarti termasuk kategori tinggi, jadi ada pengaruh rencana pembelajaran terhadap keberhasilan proses pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah "Darul Ulum" Kureksari Waru Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummatin, KhoiroUNSPECIFIEDD02303018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNajib, Aanaannajib@gmail.com2015105902
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Keberhasilan proses pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 May 2025 04:01
Last Modified: 22 May 2025 04:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80526

Actions (login required)

View Item View Item