This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hayati, Risza Noermala (2007) Pengaruh Permainan Lisan terhadap motivasi belajar Bahasa Arab siswa Kelas I MA Miftahul Jinan Glugu Deket Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
D02303036 Risza Noermala Hayati 2007 ok.pdf Download (13MB) |
Abstract
MA Miftahul Jinan merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam swasta yang ada di Lamongan. Di sekolah ini ada dua bahasa asing yang diajarkan yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Meskipun bahasa Arab menjadi pelajaran prioritas ketiga setelah Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, namun bahasa Arab tetap dianggap penting karena bahasa Arab menjadi salah satu modal utama dalam mempelajari ilmu agarna. Pengusaan bahasa asing terutama bahasa Arab tidaklah mudah, kebanyakan siswa merasa lebih mudah belajar bahasa lnggris daripada belajar bahasa Arab. Hal ini dikarenakan banyak faktor. Selain itu, bahasa Inggris dianggap lebih memiliki prospek yang baik di masa mendatang sehingga motivasi belajar bahasa Inggris juga lebih mudah daripada belajar bahasa Arab. Mengingat pentingnya belajar bahasa Arab, sementara tingkat kesulitan penguasaan bahasa Arab yang cukup tinggi dan motivasi belajar bahasa Arab kurang maka diperlukan metode pengajaran bahasa Arab yang baik sehingga marnpu memotivasi siswa dalarn belajar bahasa Arab, yang pada akhirnya mampu mengangkat penguasaan bahasa Arab siswa. Salah satu metode belajar yang dianggap marnpu memotivasi siswa dalam belajar bahasa Arab adalah metode bermain. Dalam pengajaran bahasa, metode bermain tersebut diadopsi menjadi metode "permainan bahasa". Permainan bahasa ini menggunakan beberapa metode permainan terarah seperti garnbar kartu, kuis, dan lain sebagainya. Dalam penelitian ini terfokus pada permainan lisan yang berbentuk info berantai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan lisan terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas I MA Miftahul Jinan Glugu-Deket- Larnongan. Sedangkan metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, interview, dokumentasi, angket dengan menggunakan analisis rumus prosentase untuk mengetahui penerapan permainan lisan (variabel x) dan motivasi belajar bahasa Arab (variabel y) sedangkan rumus statistik "product moment" digunakan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara permainan lisan terhadap motivasi belajar bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan lisan di MA Miftahul Jinan tersebut kurang. Hal ini terbukti dengan hasil prosentase yang menunjukkan nilai 44,8%. Sedangkan untuk motivasi be)ajar bahasa Arab menunjukkan kurang dengan nilai 40,2%. Analisis statistik didapatkan bahwa antara kedua variabel tersebut terdapat pengaruh yang sedang dengan menunjukkan angka 0,48. Hasil tersebut terletak antara 0,40 -0,70 yang berarti terdapat pengaruh yang sedang.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Motivasi Belajar | ||||||||
Keywords: | Permainan Lisan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 22 May 2025 07:35 | ||||||||
Last Modified: | 22 May 2025 07:36 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80545 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |