This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hariyanto, Selamet (2007) Pengaruh pembelajaran Bahasa Arah dengan media Mading terhadap keterampilan berbicara siswa Pesantren Islam Al Haqiqi Al Falahi Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
D02303040 Selamet Hariyanto 2007 ok.pdf Download (10MB) |
Abstract
Pesantren Islam Al-Haqiqi Al-Falahi merupakan salah satu l.ernbaga Pendidikan Non Formal yang bersifat lslami di Surabaya, Di dalam Pesantren ini ada satu Madrasah Diniyah yang disediakan khusus untuk memperdalam ilmu-ilmu Agarna dan Bahasa Arab. Adapun penekanan dalam pembelajaran Bahasa Arab di pesantren ini terpusatkan pada pernbelajaran Oowaidnya, dcngan pembelajaran Qowaid ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mambaca dan berbicara. Dalam pcmbclajaran Bahasa Arab pasti tak lepas dari mctode pembclajaran dan media pcndidikan, olch karena itu di pesantren ini menggunakan media Mading sebagai alat untuk meningkatkan mutu keterampilan berbicara Siswa, karcna belajar berbicara Bahasa Arab tidak mudah tanpa adanya media dan lingkungan yang rnendukung, selain itu materi atau pernbahasan yang disampaikan gum juga sangat berperan dalam mengembangkan bahasa Arab kejenjang yang lebih modem. Mengingat perkembangan bahasa asing yang semakin pesat ini dapat membangkitkan semangat belajar siswa untuk menguasainya. Terutama bahasa Arab yang sampai sekarang telah mcnjadi bahasa lntemasioal kedua setclah bahasa lnggris.dan dalam lingkungan pesantren yang sekarang tidak hanya mempelajari Qowaidnya saja melainkan praktek berbicaranya juga ditekankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada penagruh antara pembelajaran Bahasa Arab dengan Media Mading Terhadap Keterampilan Berbicara siswa di pesantren Islam Al-Haqiqi Al-falahi Surabaya. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah Interview, observasi, dan angket dengan menggunakan analisis rumus prosentase untuk mengetahui tingkat pembelajaran Bahasa Arab dengan Media Mading (variable X) dan Keterampilan Berbicara siswa (variable Y), sedangkan rumus statistik 'Product moment" digunakan untuk mengctahui pengaruh pcmbelajaran Bahasa Arab dengan Media Mading terhadap keterampilan berbicara siswa Pesantren Islam Al-Haqiqi Al-Falahi Surahaya. Dari hasil analisis dcngan rumus product moment maka dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang lemah antara Variabel X dan Varabel Y dengan menunjukkan angka 0,369
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Media | ||||||||
Keywords: | Media Mading | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 22 May 2025 08:22 | ||||||||
Last Modified: | 22 May 2025 08:22 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80548 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |