Efektivitas model pembelajaran argument driven inquiry (adi) berbantuan PhET Simulation dalam meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik kelas VIII MTsN 3 kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maduri, Devi Indah (2025) Efektivitas model pembelajaran argument driven inquiry (adi) berbantuan PhET Simulation dalam meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik kelas VIII MTsN 3 kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devi Indah Maduri 06021021023.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Devi Indah Maduri 06021021023_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 May 2028.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik MTsN 3 Kota Surabaya. Didapatkan dari hasil pra penelitian dimana nilai rata-rata keterampilan argumentasi ilmiah yang didapatkan oleh 29 peserta didik tergolong pada kategori rendah. Guru juga belum memanfaatkan model atau media pembelajaran interaktif yang dapat mendukung keterampilan argumentasi ilmiah. Maka dari itu, diperlukan model pembelajaran yang lebih efektif, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) berbantuan PhET Simulation. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran ADI berbantuan PhET Simulation pada materi Gelombang dalam meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode pre eksperiment. Desain penelitian ini menggunakan one group pre-test post-test design yang melibatkan satu kelas eksperimen yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar angket respon dan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis yaitu paired t-test dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan sintak model pembelajaran ADI berjalan dengan baik dan efektif dalam melatih keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik. Hal tersebut dibuktikan oleh hasil lembar observasi aktivitas guru dengan skor 94,44 yang tergolong kategori sangat baik dan juga hasil lembar observasi aktivitas peserta didik dengan skor 94,17 yang tergolong sangat aktif. Selain itu, respon peserta didik terhadap model pembelajaran ADI sebagian besar memberikan respon positif, dibuktikan dari hasil lembar respon peserta didik dimana, sebanyak 62,5% peserta didik memberikan respon sangat positif, dan sebanyak 37,5% peserta didik memberikan respon positif. Peningkatan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik terlihat dari hasil uji statistik paired t-test yang menghasilkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05, yang mana keputusan yang diambil adalah menolak H0 dan menerima H1, selain itu didapatkan juga hasil uji N-Gain dimana peserta didik mengalami peningkatan keterampilan argumentasi ilmiah pada kategori rendah sebanyak 7 peserta didik, pada kategori sedang sebanyak 20 peserta didik, dan pada kategori tinggi sebanyak 5 peserta didik. Peningkatan keterampilan argumentasi ilmiah terlihat juga pada rata-rata skor pada setiap indikator argumentasi ilmiah, dimana setelah diterapkan model pembelajaran ADI, terjadi peningkatan rata-rata skor pada setiap indikator keterampilan argumentasi ilmiah. Hasil analisis jawaban peserta didik menunjukkan bahwa indikator claim memperoleh skor tertinggi, smeentara indikator backing dan qualifier memperoleh skor terendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maduri, Devi Indahindahmaduri23@gmail.com06021021023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunahsetyawati@uinsa.ac.id2004117403
Thesis advisorInayah, Naililnailil.inayah@uinsa.ac.id2020068902
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Argument driven inquiry berbantuan PhET simulation; argumentasi ilmiah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Devi Indah Maduri
Date Deposited: 28 May 2025 02:05
Last Modified: 28 May 2025 02:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80678

Actions (login required)

View Item View Item