This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fuaidah, Tu'nas (2009) ANALISIS KISAH-KISAH INTERAKSI EDUKATIF DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
COVER.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
Sebagai orang Islam al-Qur'an merupakan pedoman hidup, banyak kisah-kisah dalam al-Qur'an yang berkaitan erat dengan pendidikan dan mengandung unsur interaksi. Namun demikian, tidak semua interaksi bisa dikatakan edukatif. Suatu kisah dapat dikatakan berkaitan dengan pendidikan apabila dalam proses interaksi yang ada pada kisah tersebut terdapat: tujuan pendidikan, pendidik, anak didik, materi dan metode. Oleh karena itu penulis mencoba mengkaji al-Qur'an dari kisah-kisah yang ada di dalamnya, dengan mengambil model interaksi pendidikan dalam perjalanan kisah orang tedahulu dalam al-Qur'an.
Dari latar belakang di atas, maka muncul beberapa rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu:
1. Bagaimana konsep interaksi edukatif dalam perspektif al-Qur'an?.
2. Bagaimana implementasi konsep interaksi edukatif dalam prespektif Al-Qur'an pada pembelajaran?.
Jenis penelitian ini termasuk studi pustaka (library research) dengan pendekatam deskriptif kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah al-Qur’an tentang kisah Nabi Khidir dan Nabi Musa (Q.S. Al-Kahfi: 60-82), kemudian kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail (Q.S. Al-Shaffat: 102-107) dan yang terakhir adalah kisah Luqman (Q.S. Luqman: 12-19). Dan data sekundernya adalah buku-buku yang ada relevansinya dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan dianalisis dengan tiga metode, diantaranya adalah deduktif, induktif dan komparatif.
Dengan tiga kisah yang diajukan dalam penelitian ini, dapat diketahui sedikit gambaran tentang konsep interaksi edukatif yang terdapat dalam al-Qur’an. Dilihat dari hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep interaksi edukatif dalam al-Qur’an melalui kisah-kisahnya terdiri dari: 1) Tujuan pendidikan: humanisasi, insan kamil dan akhlak mulia. 2) Pendidik: bijaksana, penuh kasih sayang, demokratis, mengenal murid dan memahami kejiwaaannya, berpengetahuan luas, memahami materi, sabar dan ikhlas. 3) Anak didik: patuh, tabah, sabar, cita-cita yang kuat serta tidak putus asa dan bersungguh-sungguh, sopan santun, rendah diri dan hormat pada guru. 4) Materi: akidah, syari’ah dan akhlak. 5) Metode: dialogis, uswatun hasanah, demokratis, dan mauiz}ah. Dari konsep interaksi edukatif dalam perspektif al-Qur’an yang telah disebutkan di atas, ternyata sudah diimplementasikan pada pembelajaran.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Aqaid dan Ilmu Kalam | ||||||
Keywords: | Perspektif Al-Qur'an. | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 09 Nov 2009 | ||||||
Last Modified: | 11 Jul 2019 00:33 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8068 |
Actions (login required)
View Item |