Pengaruh penggunaan metode Distance Learning (BJJ) terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo untuk siswa Kelas XI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wita, Soniya Istifadiya (2009) Pengaruh penggunaan metode Distance Learning (BJJ) terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo untuk siswa Kelas XI. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Soniya Istifadiya Wita_D31205010.pdf

Download (833kB)

Abstract

Tantangan tentang peningkatan mutu relevansi dan efektifitas pendidikan sebagai tuntutan nasional, sejalan dengan perkembangan dan .kemajuan masyarakat, berimplikasikan secara nyata dalam program pendidikan dan kurikulum sekolah. Tujuan dari program kurikulum dapat tercapai dengan baik jika programnya didesain secarajelas dan aplikatif. Para guru harus memiliki ketretampilan dalam sistem pembelajaran yang efektif. Demikian masalah sistem pengajaranya yang merupakan bagian pendidikan selalu mengalami perubahan dan penyempurnaan, terutama yang menyangkut metode dan sarana yang dipakai dalam proses belajar mengajar. Belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif. Nilai edukatif mewarnai interaksi yang terjadi antara guru dengan anak didik. Interaksi yang bemilai edukatif dikarenakan kegiatan belajar mengajar yang di lakukan, di arahkan untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan sebelum pengajaran dimulai atau dilakukan. Guru dengan sadar merencanakan kegiatan pengajaranya secara sistematis dengan memanfaatkan segala sesuatunya guna kepentingan pengajaran. Agar kegiatan belajar mengajar yang bernilai edukatif ini dapat tercapai sesuai dengan tujuan yang telah di rumuskan tentunya guru hams memperhatikan factor-faktor yang mempengaruhi terhadap keberhasilan belajar mengajar, yaitu: Faktor anak didik. Faktor pendidik. Faktor tujuan pendidikan. Faktor alat-alat pendidikan. Faktor lingkungan. Dari bebarapa faktor di atas merupakan faktor yang sangat berperan sekali dalam menentukan berhasil tidaknya suatu proses belajar mengajar. Karena setiap pendidik tidaklah mau dituntut mengusai materi saja melainkan juga hams menguasai tehnik dan metode penyampaian pelajaran. Penggunaan metode yang tepat merupakan hal yang harus diperhatikan oleh setiap guru, karena merupakan alat yang penting bagi seorang guru untuk memudahkan murid dalam menerima dan memahami suatu pelajaran yang disampaikanoleh guru. Dengan metode distance learning (BJJ) ini dimaksudkan dapat mengetahui hasil belajar agar sesuai dengan yang diharapkan oleh guru dan peserta didik akan mencapai hasil yang lebih baik sesuai dengan pelaksanaan metode distance learning (BJJ). Dalarn proses belajar mengajar hasil belajar adalah penilaian hasil usaha kegiatan beJajar yang dinyatakan daJam bentuk angka, huruf atau symbol yang dapat mencerminkan hasil yang dicapai oleh setiap anak dalam periode tertentu. Hasil belajar dalam hal ini adalah prestasi belajar kognitif, afektif. Memperhatikan hasil-hasil yang telah dicapai oleh lulusan, dampaknya terhadap program dan terhadap masyarakat. Meningkatkan mutu kemampuan, para peserta didik sesuai dengan bidang kemampuan, minat dan bakatnya masing-masing agar lebih mampu meningkatkan mutu dirinya sendiri. Melihat fenomena ini guru harus dapat meningkatkan dan merangsang siswa agar aktif, dan menyenangkan, yakni melalui metode pembelajaran yang tepat dan dapat meningkatkan hasil belajar yang tinggi, maka dalam sistem BJJ, peserta didik harus belajar sendiri dan dapat mengevaluasi dirinya sendiri. Dalam hal ini peserta didik mengerjakan soal tanpa pengawasan. Dirinya sendirian yang menilai jawaban benar atau salah tetapi tetap dalam pengawasan guru. Metode ini digunakan agar siswa lebih efektif dalam pengertian efektif dengan melibatkan alcal emosi dan fisik siswa yang ditunjang pula dengan .lingkungan yang mendukung pula. Distance learning akan meningkatkan mutu kemampuan peserta didik sesuai dengan bidang kemampuan, minat dan bakatnya masing-masing agar lebih mampu meningkatkan mutu dan hasil belajar yang ingin clicapai, karena pada kenyataanya masalah proses belajar Al-Islam (PAI) mengalami kendala, di antara kendala yang dihadapi adalah belum tarcapainya hasil belajar siswa secara maksimal. Padahal ajaran agama bukan hal yang bersifat teoritis tetapi suatu hal yang praktis. Penelitian ini dilaksanakan Desa Sidowayah kelurahan Celep JI. Mojopahit No 666B, tepatnya di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Penelitian tennasuk jenis penelitian kuantitatif Diskrptif yang didalamnya terdapat 2 variabel yakni penggunaan metode distance Learning dan hasil belajar siswa pada Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian menggunakan penelitian yang mengambil sample sebanyak 15 %, metode yang digunakan unmk mengumpulkan data meliputi Wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, ctiketahui bahwa data tentang penggunaan metode distance learning pada materi PAI tergolong sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil prosentase yaitu 95%.dan angaka tersebut bila dikonsultasikan dengan standart prosentase tergolong sangat baik. Untuk hasil belajar siswa pada bidang studi PAI, tergolong tinggi, hal ini dapat dilihat dari hasil prosentase hasil belajar siswa mencapai prosentase 87%. Selanjutnya untuk mencari korelasi antara keduanya, maka menggunakan rumus product moment. Dan hasil perhitungannya nilai "r" sebesar 0,813, jika 0,813 dikonsultasikan dengan table interpretasi nilai "r" yaitu terletak antara 0,800-1,000. maka korelasinya tergolong tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wita, Soniya Istifadiya--D31205010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibin--150276936
Subjects: Metode Pembelajaran
Keywords: Metode belajar; Distance Learning (BJJ); hasil belajar siswa; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2009
Last Modified: 19 Nov 2019 07:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8069

Actions (login required)

View Item View Item