This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
ULYAWATI, ANIFATUL (2009) PENGARUH METODE QUICK ON THE DRAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA BIDANG STUDI FIQIH DI SMP ISLAM PARLAUNGAN BERBEK WARU SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
COVER.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
Pengaruh Metode Quick On The Draw Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Bidang sudi Fiqih di SMP Islam Parlaungan Berbek Waru Sidoarjo.
Pendidikan memegang peran yang sangat penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan adalah usaha sadar untuk menumbuhkembangkan potensi sumber daya manusia. Pendidikan dalam prakteknya berkaitan erat dengan belajar yaitu kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat mendasar dalam setiap penyelenggaraan jenis dan jenjang pendidikan. Ini berarti berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pendidikan itu sangat bergantung pada proses belajar yang dialami siswa. Guru juga mempunyai peranan penting untuk menentukan keberhasilan pendidikan, karena guru harus bisa membangkitkan minat dan motivasi siswa untuk belajar.
Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana aktivitas guru dalam penerapan metode quick on the draw, bagaimana aktivitas siswa selama peggunaan metode quick on the draw, dan bagaimana prestasi belajar siswa pada bidang studi fiqih selama penggunaan mtode qick on the draw.
Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian eksperimen dan menggunakan pendekatan Pre eksperimental design atau quasi experiment (eksperiment semu). Sesuai dengan masalah tersebut, data yang digunakan berupa hasil observasi, dokumentasi, dan tes. Analisa ini bertujuan untuk menganalisis data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil penelitian tes. dalam analisis ini data yang dianalis oleh peneliti adalah data tes hasil belajar siswa sesudah dan sebelum diterapkan metode quick on the draw di analisis dengan menggunakan perhitungan statistic parametic ,yaitu dengan menggunakan uji hipotesis data berpasangan (paired test), uji ini digunakan untuk mengetahui pengaruh dengan langkah langkah sebagai berikut :Uji normalitas, Sample paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan meode quick on the draw.
Analisis data tentang kemampuan guru dalam pengelolaan metode ini adalah sebesar 3,39% yang berarti sangat baik, sedangkan untuk aktivitas siswa selama peggunaan metode ini adalah sebesar 77,18% yang berarti juga sangat baik, dan untuk prestasi belajar siswa selama penggunaan metode ini mengalamai peningkatan dari pre test dengan nilai rata-rata 66,6% menjadi 72,2% yang diambil dari nilai rata-rata pre test dan post test. Dari perhitungan uji normalits dan sample paired t-test didapat hasil bahwa thitung ttabel atau 10,2776 2,04 yaitu tolak dan terima , yang berarti terdapat pengaruh pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode quick on the draw terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada bidang studi fiqh di SMP Islam Parlaungan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Prestasi Belajar | ||||||
Keywords: | Quick On; Prestasi Belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 09 Nov 2009 | ||||||
Last Modified: | 11 Feb 2015 03:59 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8072 |
Actions (login required)
View Item |