This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
fitriyah, Lujeng (2007) Pengaruh cerita terhadap kemampuan maharoh kalam (berbicara) siswa di Madrasah Alsun Pucang Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
D02303006 Lujeng fitriyah 2007 ok.pdf Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah apa saja cerita yang digunakan untuk pembelajaran Maharoh Kalam, bagaimana penerapannya dan bagaimana pengaruh cerita terhadap kemampuan Maharoh Kalam siswa Madrasah Alsun Pucang Sidoarjo. Yang melatar belakangi pembuatan judul tersebut adalah strategi dan tehnik dalam suatu metode pembelajaran sangatlah penting dalam penguasaan belajar kalam. Karena ia merupakan unsur yang dapat mempengaruhi terhadap semangat dan kreativitas belajar siswa dan penerimaan pengetahuan bagi siswa-siswi dalam belajar bahasa Arab. Adapun penelitian yang dilakukan oleh peneliti bukan di kelas formal, tapi di lembaga kursus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cerita terhadap kemampuan Maharoh Kalam siswa Madrasah Alsun di tingkat dasar dan tingkatan tengah. Sedangkan metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, interview, dokumentasi dan angket dengan menggunakan rumus prosentase untuk mengetahui variabel (x), sedang variabel (y) didapat dari dokumen nilai tingkat dasar dan tengah siswa Madrasah Alsun. Dan rumus statistik "Chi Kuadrat" digunakan untuk mengetahui pengaruh dari cerita terhadap Maharoh Kalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa qissoh (cerita) di kelas tersebut adalah baik. Hal ini terbukti dengan hasil prosentase yang menunjukkan nilai 75, 16 %. Dan apabila dikonsultasikan dengan hasil standar nilai yang dikemukakan oleh Suharsimi Arikunto, maka hasil tersebut terletak antara 56 % - 75 %. Yang berarti baik, dan untuk kemampuan berbicara menunjukkan nilai 87,86 % Dan apabila dikonsultasikan dengan standar nilai yang ada di Madrasah Alsun maka hasil tersebut terletak antara 80 % - 89 % yang berarti "baik sekali". Analisis statistik didapat antara kedua variabel tersebut terdapat pengaruh yang "cukup" dengan menunjukkan angka 0,62. Menurut Suharsimi Arikurito bahwa hasil tersebut terletak antara 0,50 - 0,69 yang berarti terdapat pengaruh yang "Cll\;:Llf antara keduanya. Dalam pengajaran bahasa efektif, semestinya seorang guru menggunakan tehnik dan strategi dalam berbagai macam metode yang dapat menumbuhkan semangat belajar.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Metode | ||||||||
Keywords: | Bercerita | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 28 May 2025 05:04 | ||||||||
Last Modified: | 28 May 2025 05:04 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80722 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |