This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ernayanti, Eli (2009) Implementasi metode Takrir dalam menghafal Al Quran di Pondok Pesantren Madrasatul Quran Tebuireng. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
BABB 3.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Implementasi Metode Takrir dalam menghafal Al-Qur'an di Pon-Pes Madrasatul Qur'an Tebuireng. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya keluhan dari teman-teman baik yang sedang menghafal Al-Qur'an maupun yang sudah hatam Al-Qur'an. Mereka merasa kesulitan dalam menghafal dan melancarkan Al-Qur'an. oleh karena itu perlu penerapan metode Takrir dalam menghafal Al-Qur'an yang mana metode ini adalah sebagai upaya memperbaiki, menjaga hafalan yang sudah pernah dihafal agar tetap melekat dalam hati. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat diambil rumusan masalah : (1) Bagaimana proses penerapan metode Takrir dalam menghafal Al-Qur'an. (2) Apa saja factor penghambat dan pendukung penerapan metode Takrir dalam menghafal Al-Qur'an. (3) Bagaimana solusi dalam mengatasi hambatan penerapan metode Takrir dalam menghafal Al-Qur'an di Pon-Pes (Madrasatul Qur'an) Tebuireng. Berpijak pada rumusan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode menghafal Al-Qur'an melalui metode Takrir menghafal Al-Qur'an. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode diskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, tehnik pengumpulan data menggunakan metode interview, observasi, dan dokumentasi. Tehnik analisa data menggunakan teknik induktif, deduktif, perfective thingking. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Proses implementasi Metode Takrir dalam menghafal Al-Qur'an di Pondok-Pesantren Di PPMQ Tebuireng sudah berjalan dengan baik, hal ini berdasarkan pada adanya realita bahwa seluruh proses penerapan menghafal Al-Qur'an telah dilaksanakan dengan menggunakan metode Takrir. Namun masih belum sempuna, terlihat dengan adanya beberapa hambatan (2) Faktor penghambat dan pendukung antara lain: kurang bisa manage waktu, kurang menyadari manfaat metode tersebut, serta kurangnya istiqomah dalam metode tersebut. Adapun faktor pendukung: sarana dan prasarana yang memadai, kebijakan dari pengasuh untuk pengembangan kreatifitas ustad dan santri. (3) Solusi dalam mengatasi hambatan penerapan metode Takrir yaitu: Management waktu, pemahaman dan motivasi pentingnya metode Takrir dalam proses menghafal Al-Qur'an, mengabsensi dan mengevaluasi hafalan santri.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Metode Al Qur'an |
||||||
Keywords: | Metode Takrir; Hafalan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 09 Nov 2009 | ||||||
Last Modified: | 23 Oct 2018 02:39 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8076 |
Actions (login required)
View Item |