Implementasi metode Takrir dalam menghafal Al Quran di Pondok Pesantren Madrasatul Quran Tebuireng

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ernayanti, Eli (2009) Implementasi metode Takrir dalam menghafal Al Quran di Pondok Pesantren Madrasatul Quran Tebuireng. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BABB 3.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Implementasi Metode Takrir dalam menghafal Al-Qur'an di Pon-Pes Madrasatul Qur'an Tebuireng. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya keluhan dari teman-teman baik yang sedang menghafal Al-Qur'an maupun yang sudah hatam Al-Qur'an. Mereka merasa kesulitan dalam menghafal dan melancarkan Al-Qur'an. oleh karena itu perlu penerapan metode Takrir dalam menghafal Al-Qur'an yang mana metode ini adalah sebagai upaya memperbaiki, menjaga hafalan yang sudah pernah dihafal agar tetap melekat dalam hati. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat diambil rumusan masalah : (1) Bagaimana proses penerapan metode Takrir dalam menghafal Al-Qur'an. (2) Apa saja factor penghambat dan pendukung penerapan metode Takrir dalam menghafal Al-Qur'an. (3) Bagaimana solusi dalam mengatasi hambatan penerapan metode Takrir dalam menghafal Al-Qur'an di Pon-Pes (Madrasatul Qur'an) Tebuireng. Berpijak pada rumusan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode menghafal Al-Qur'an melalui metode Takrir menghafal Al-Qur'an. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode diskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, tehnik pengumpulan data menggunakan metode interview, observasi, dan dokumentasi. Tehnik analisa data menggunakan teknik induktif, deduktif, perfective thingking. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Proses implementasi Metode Takrir dalam menghafal Al-Qur'an di Pondok-Pesantren Di PPMQ Tebuireng sudah berjalan dengan baik, hal ini berdasarkan pada adanya realita bahwa seluruh proses penerapan menghafal Al-Qur'an telah dilaksanakan dengan menggunakan metode Takrir. Namun masih belum sempuna, terlihat dengan adanya beberapa hambatan (2) Faktor penghambat dan pendukung antara lain: kurang bisa manage waktu, kurang menyadari manfaat metode tersebut, serta kurangnya istiqomah dalam metode tersebut. Adapun faktor pendukung: sarana dan prasarana yang memadai, kebijakan dari pengasuh untuk pengembangan kreatifitas ustad dan santri. (3) Solusi dalam mengatasi hambatan penerapan metode Takrir yaitu: Management waktu, pemahaman dan motivasi pentingnya metode Takrir dalam proses menghafal Al-Qur'an, mengabsensi dan mengevaluasi hafalan santri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ernayanti, Eli--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Al Qur'an
Keywords: Metode Takrir; Hafalan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2009
Last Modified: 23 Oct 2018 02:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8076

Actions (login required)

View Item View Item