This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nailiyah, Aisyah Mafazatin (2025) Efektivitas model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) berbantuan e-comic terhadap kemampuan literasi sains pada materi klasifikasi makhluk hidup di MTs Negeri 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Aisyah Mafazatin Nailiyah_06011021001.pdf Download (10MB) |
![]() |
Text
Aisyah Mafazatin Nailiyah_06011021001_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 3 June 2028. Download (10MB) |
Abstract
Literasi sains memiliki peran penting dalam membekali siswa dengan pemahaman ilmiah yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, hasil asesmen Programme for International Student Assessment (PISA) menunjukkan bahwa tingkat literasi sains siswa Indonesia masih rendah, termasuk di MTsN 2 Sidoarjo, yang disebabkan oleh model pembelajaran konvensional dan kurangnya media pembelajaran yang menarik. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan perbaikan pada pembelajaran yang diharapkan menjadi solusi masalah tersebut. Fokus penelitian ini yaitu mengetahui efektivitas model pembelajaran (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) berbantuan E- Comic untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif jenis quasi experimen dengan jenis non-equivalent control group. Sampel penelitian terdiri dari kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, angket, serta tes kemampuan literasi sains. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji independent sample t-test untuk mengetahui perbedaan antara kedua kelas, dan uji N-Gain untuk mengetahui seberapa meningkat kemampuan literasi sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model RADEC berbantuan E-comic oleh guru mencapai kriteria sangat baik dengan skor 93,33. Aktivitas siswa selama pembelajaran memperoleh kriteria sangat baik dengan skor 90, sementara respon siswa terhadap pembelajaran memperoleh kriteria sangat baik dengan rata-rata skor 88. Nilai rata-rata tes akhir kemampuan literasi sains kelas eksperimen senilai 66.88, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol senilai 48.80. Data hasil uji independent sample t-test yang menunjukkan hasil bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi sains kelas eksperimen dan kontrol ditunjukkan dengan nilai sig.0.001 < 0.05. Selain itu, hasil uji N-Gain menunjukkan skor 0.405 untuk kelas eksperimen dan 0.219 untuk kelas kontrol, menandakan bahwa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | Model pembelajaran Radec (Read, Answer, Discuss, Explain, Create); berbantuan e- comic; kemampuan literasi sains | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA | ||||||||||||
Depositing User: | Aisyah Nailiyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Jun 2025 03:59 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 Jun 2025 03:59 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80777 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |