Upaya dalam meningkatkan asertifitas siswa melalui pendidikan Islam di SD Plus Darul Ulum Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Harsantiyana, Nurlaili (2007) Upaya dalam meningkatkan asertifitas siswa melalui pendidikan Islam di SD Plus Darul Ulum Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
D01303070 Nurlaili Harsantiyana 2007 ok.pdf

Download (16MB)

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan yang amat menentukan, tidak hanya bagi perkembangan dan perwujudan diri individu tetapi juga bagi pembangunan bangsa dan negara. Kemajuan suatu kebudayaan memanfaatkan sumber daya manusia. Hal ini berkaitan erat dengan kualitas pendidikan yang diberikan kepada masyarakat pembelajar. Oleh karena itu pengembangan kepribadian dan menambah pengetahuan serta meningkatkan keterampilan bagi masyarakat sangatlah penting. Keberhasilan dalam mencapai hubungan antar pribadi yang memuaskan dan tidak bertentangan dengan ajaran Islam, seseorang dituntut untuk memiliki kecakapan-kecakapan tertentu yang salah satunya disebut kecakapan sosial (sosial skills) seperti kemampuan berperilaku Asertif. Oleh karena itu setiap lembaga pendidikan wajib menciptakan suasana yang kondusif bagi berkembangnya potensi siswa yang positif dan optimis, maka penyelenggaraan pendidikan harus dilaksanakan secara demokratis dan dialogis. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan langkah-langkah upaya dalam meningkatkan asertifitas siswa melalui pendidikan Islam, serta faktor-faktor pendukung dan pengharnbat upaya dalarn meningkatkan asertifitas siswa melalui pendidikan Islam di SD Plus Darul 'Ulum Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan rnetode kualitatif dengan data deskriptif, sementara untuk rnernperoleh data yang digunakan adalah rnenggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisis yang dilakukan kemudian dirumuskan sebuah kesimpulan tentang langkah-langkah upaya dalam meningkatkan asertifitas siswa melalui Pendidikan Islam, dan faktor-faktor yang mendukung clan yang menghambat upaya dalarn meningkatkan asertifitas siswa beserta solusi untuk mengatasi hambatannya melalui Pendidikan Islam di SD Plus Darul 'Ulurn Jombang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Harsantiyana, NurlailiUNSPECIFIEDD01303070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTholabi, TajuddinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Asertifitas siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Jun 2025 04:48
Last Modified: 02 Jun 2025 04:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80779

Actions (login required)

View Item View Item