This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mufarricha, Lailatul (2009) KONSEP PEMBELAJARAN MENURUT JEROME S BRUNER DALAM PERSPEKTIF PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KARYA MUHAIMIN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
Bab1.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
Bab2.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
Bab3.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
Bab4.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
Bab5.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini adalah hasil penelitian literer atau studi pustaka untuk menjawab suatu masalah mengenai bagaimana konsep kognitif Jerome Bruner dalam proses pembelajaran, dan Bagaimana Pembelajaran Pendidikan Agama Islam menurut Muhaimin.
Data penelitian dihimpun dengan cara memilah dan memilih antara pemikiran konsep pembelajaran Jerome Bruner dan pembelajaran PAI dalam proses pembelajaran yang bersumber dari buku, artikel, majalah dan sebagianya. Selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif komparatif, yaitu mengolah data dengan cara menggambarkan atau menguraikan data yang telah diperoleh mengenai masalah tersebut dan data tersebut dibandingkan dengan mencari persamaan ataupun perbedaannya.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Bruner menonjolkan corak berfikir induktif (dari yang khusus ke yang umum). Bagi Bruner siswa belajar dengan melihat sejumlah contoh atau kasus konkrit dahulu dan dari situ menemukan sendiri pemahaman yang umum atau menyeluruh. Maka dari itu anak harus berperan secara aktif dalam belajar di kelas. Untuk itu Bruner memakai cara dengan apa yang disebut discovery learning yaitu dimana murid mengorganisasi bahan yang dipelajari dengan suatu bentuk akhir.
Sedangkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan pendekatan sistem, yakni melihat pembelajaran sebagai suatu proses kegiatan yang terdiri atas unsur-unsur yang terpadu dan saling berinteraksi secara fungsional. Dalam memecahkan masalah belajar, perhatiannya akan tertuju pada komponen sistem pembelajaran yang meliputi pesan, orang, bahan, alat, teknik dan lingkungan yang sengaja direncana, dipilih dan digunakan secara terpadu.
Konsep pembelajaran Jerome Burner dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Muhaimin mempunyai persamaan yaitu perolehan pengetahuan merupakan suatu proses interaksi yang mana peserta didik dapat belajar melalui interaksi dengan lingkungan. Dan dalam pembelajaran sangat memperhatikan tingkat kesiapan anak. Sedangkan perbedaan diantara keduanya, dalam belajar Jerome Bruner lebih mengutamakan proses belajar yang terjadi dari pada hasil belajar. Sedangkan Muhaimin memandang bahwa proses belajar dan hasil belajar itu sama-sama diutamakan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran | ||||||
Keywords: | Jerome Bruner | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 09 Nov 2009 | ||||||
Last Modified: | 06 Feb 2015 09:37 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8078 |
Actions (login required)
View Item |