Pengaruh pembelajaran metode Terjemah Lafdziyah Al Quran dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Arab Santri Pondok Pesantren Nurul Faizah Rungkut Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniasari, Fikhi (2007) Pengaruh pembelajaran metode Terjemah Lafdziyah Al Quran dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Arab Santri Pondok Pesantren Nurul Faizah Rungkut Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
D02302014 Fikhi Kurniasari 2007 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Terjemah dapat dipandang sebagai sesuatu yang penting dalam pembelajaran bahasa Arab. Banyak sekali buku - buku yang berbahasa Arab namun masih jarang sekali yang berminat. Hal ini disebabkan ket.akutan terhadap sulitnya pemahaman bahasa Arab. Padahal sesungguhnya Bahasa Arab itu sangta mudah apalagi bahasa Arab Al - Qur'an, sebab apabila kita telah mengetahui kunci pokok pembelajaran bahasa arab serta fariasinya, maka semua itu akan terasa mudah dan menyenangkan. Penulis tertarik untuk mengetengahkan metode terjemah lafdziyah dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab yang dijarkan di pondok pesantren Nurul Faizah Rungkut Surabaya. Sebab secara teoritis metode terjemah digunakan dalam segala aspek bahasa Arab. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas pembelajaran metode terjemah lafdziyah Al - Qur'an dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab, sebagaimana kajian teori yang dituangkan pada Bab II. Penelitian ini bersifat Kuantitatif Deskriptif yang mana memaparkan tentang keberadaan terjemah dalam bahasa Arab untuk memahami kandungan isi, manfaat dan metodenya. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa efektifitas pembelajaran metode terjemah lafdziyah Al - Qur'an sangat bailc. Dari basil angket yang ada menunjukkan bahwa santri rata - rata memilih jawaban yang positif lebih dari 50% keatas. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan yang didapat oleh responden setelah mengikuti pembelajaran metode terjemah lafdziyah ini. Mereka mengalami kemudahan dan perasaan senang ketika proses pembelajaran berlangsung. Dan hasilnya pun dapat langsung dirasakan dengan cara mengamalkan materi yang baru dipelajari. Menurut hasil rumus product moment menunjukkan basil : 0,66. Keberhasilan dalam suatu proses belajar - mengajar tidak hanya tergantung kepada profesionalitas guru bela.ka, namun metode yang mudah dan disenangi akan menarik minat dan kesadaran santri atau siswa untuk belajar, sehingga akan muncul dengan sendirinya dalam diri siswa untuk belajar lebih banyak lagi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniasari, FikhiUNSPECIFIEDD02302014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaedi, Junaediulul_masedi@yahoo.com2024126501
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Metode Terjemah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Jun 2025 05:03
Last Modified: 02 Jun 2025 05:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80781

Actions (login required)

View Item View Item