This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Wulandari, Maslaqha Yunika (2025) Peran media ta’aruf dalam menyebarkan hadis tentang melihat wanita yang akan dinikahi di media social: kajian ma‘ani al-hadith riwayat Imam Muslim no.indeks 2552. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Maslaqha Yunika Wulandari_07040521090.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Maslaqha Yunika Wulandari_07040521090_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 3 June 2028. Download (2MB) |
Abstract
Fenomena maraknya media ta’aruf di media sosial menandai perubahan dalam praktik sosial umat Islam dalam mencari pasangan hidup. Proses ta’aruf yang dahulu dilakukan secara langsung dan melibatkan keluarga, kini mulai bertransformasi ke ranah digital dengan tetap berpegang pada nilai-nilai syar’i. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab tiga fokus utama: pertama, menganalisis kualitas dan kehujjahan hadis tentang ta’aruf dalam kitab Sahih Muslim Nomor Indeks 2552; kedua, memaknai kandungan hadis tersebut dengan pendekatan Ma‘ani al-Hadis, dan ketiga, menganalisis bagaimana media ta’aruf memanfaatkan platform media sosial untuk menyebarkan hadis tentang ta’aruf dan membentuk habitus baru dalam struktur sosial masyarakat Muslim.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Tradisi Wanita Agama dan Ilmu Pengetahuan |
||||||||
Keywords: | Hadis tentang melihat wanita; habitus; media ta’aruf; media sosial | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis | ||||||||
Depositing User: | Maslaqha Yunika Wulandari | ||||||||
Date Deposited: | 03 Jun 2025 04:07 | ||||||||
Last Modified: | 03 Jun 2025 04:09 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80784 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |