This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Thoif, M. (2007) Perbandingan hasil pembelajaran Kitab al Jurumiyyah antara siswa dan siswi Pondok Tahsinul Akhlaq Bahrul Ulum. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
D02302064 M Thoif 2007 ok.pdf Download (5MB) |
Abstract
Terpilihnya judul tersebut didasarkan atas asumsi bahwa pembelajaran kitabJurumiyyah sudah jarang diminati oleh anak didik, padahal untuk meningkatkan ketrampilan tata bahasa Siswa khususnya bagi Siswa Siswi di pondok pesantren Tahsinul Akhlaq Bahrul Ulum Surabaya sangat diperlukan untuk menekuni pelajaran Jurumiyyah, agar tata bahasa yang digunakan sehari-harinya tidak ditemukan kerancuan. Karena model pembelajaran ini adalah model pembelajaran yang menuntut Siswa untuk. berperan sadar dalam proses kegiatan belajar mengajar. Sedangkan melatih ketrampilan tata bahasa itu membutuhkan orang lain untuk dijadikan sebagai pemandu. Atas dasar permasalahan di atas maka tujuan penulisan skripsi ini adalah ingin mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran tata bahasa Arab atau biasa disebut dengan Qowaid al-Nahwiyah dengan acuan kitab Jurumiyyah, mengetahui ketrampilan tata bahasa dalam bahasa Arab Siswa, mengetahui perbandingan hasil pembelajaran kitab Jurumiyyah terhadap penguasaan tata bahasa antara siswa dan siswi pondok Tahsinul Akhlaq Bahrul Ulum Rangkah Surabaya. Skripsi ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rumus uji T dan deskriptif Untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan pembahasan, maJca penulis menggunakan 4 instrumen pengumpulan data yaitu: interview, observasi, dokumentasi dan angket. Setelah mendapatkan data, penulis menganalisa sesuai dengan jenis datanya. Adapun hasil penulisan skripsi ini adalah: Penerapan pembelajaran kitab Junnniyyah di pondolc pesantren Tahsinul Akhlaq berjalan cukup baik, asumsi yang menyatakan bahwa adanya perbandingan antara keterampilan tata bahasa antara siswa dan siswi bagi siswa dan siswi pondok pesantren Tahsinul Alchlaq Bahrul Ulurn Rangkah Surabaya diterima dengan adanya dalil T. tes (-0,083) lebih kecil dari T. tabel ( I ,98 dan 2,61) yang menunjukkan bahwa hipotesa nihil diterima.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar | ||||||||
Keywords: | Hasil pembelajaran | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 02 Jun 2025 07:42 | ||||||||
Last Modified: | 02 Jun 2025 07:42 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80797 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |